JogjaKU

Peribahasa Jawa Mburu Uceng Kelangan Deleg

0
Mburu Uceng Kelangan Deleg
berita jogja

STARJOGJA.COM, Info – Peribahasa Jawa penuh dengan arti dan makna yang mendalam. Salah satunya adalah peribahasa Mburu Uceng Kelangan Deleg. Arti dari peribahasa ini mengejar sesuatu yang kecil tetapi kehilangan miliknya yang lebih besar.

Salah satu cerita dari peribahsa Mburu Uceng Kelangan Deleg ini ada di Sandiwara Radio Basa Jawa berjudul ‘MULIH’ karya Zalfa Aura Tsabita. Cerita dimulai oleh dialog antara Tini dan Murni seorang ibu dan anak. Sandiwara ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang dahulunya kaya raya. Namun kemudian jatuh miskin karena sikap salah satu anggota keluarga tersebut.

Baca Juga : Jawa Timur Terus Dorong Ekspor Kopi

Sikap yang harusnya bisa membuat keluarga tersebut bisa tidak jatuh miskin hingga saat ini. Namun karena sikap yang dinilai salah itulah akhirnya membuat peribahasa ini muncul.

Sandiwara radio berjudul Mulih (pulang) ini akan disiarkan di Radio Starjogja 101,3 FM Rabu 8 Januari 2020 mulai pukul 18.30 WIB. Pendengar setia Starjogja FM juga bisa mendengarkan secara streaming lewat Starjogja.com atau Jogjastreamer. Sandiwara Radio Basa Jawa ini tayang setiap hari Minggu, Senin, Rabu dan Sabtu di waktu yang sama.

Sandiwara Radio Basa Jawa ini kerjasama antara Radio Starjogja FM dengan Dinas Kebudayaan DIY. Sebelumnya Dinas Kebudayaan DIY telah membuat workshop tentang sandiwara radio bahasa Jawa. Hasilnya, beberapa karya sandiwara radio khas Yogyakarta dapat diputar di beberapa radio di Yogyakarta.

 

Waspada 11 -15 Januari 2020 Diprediksi Hujan Deras

Previous article

Film Nikah Yuk Tayang di Bulan Februari 2020

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU