Health

AS Awasi Penumpang Terkena Virus Pernapasan Wuhan

0
Peneliti Corona
Wabah Coronavirus (reuters)

STARJOGJA.COM, Info – Virus pernapasan yang membuat 2 orang meninggal membuat Amerika Serikat memperketat pengawasan di sejumlah bandara untuk menyaring pengunjung yang terbang dari Kota Wuhan, China. Pengawasan ini untuk menjaring penumpang yang memiliki gejala terjangkit virus pernapasan dari Kota Wuhan itu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebutkan bahwa penyaringan telah dimulai sejak Jumat (17/1) di bandara di San Fransisco, New York, dan Los Angeles dan berfokus pada pengunjung negeri Paman Sam yang terbang secara langsung maupun transit dari Wuhan.

Baca juga: Wabah Coronavirus Kota Wuhan Infeksi 50 Orang

Sejauh ini, virus tersebut telah menyebar ke Jepang dan Thailand. Pejabat CDC dalam konferensi pers dengan wartawan memperkirakan kasus di luar China akan lebih banyak dilaporkan ke depannya meski potensi penyebaran ke Amerika Serikat akan kecil.

“CDC akan mengirim 100 staf tambahan ke bandara-bandara tersebut untuk membantu staf yang telah ditempatkan di karantina di sana,” kata Direktur Divisi Migrasi Global dan Karantina CDC seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (17/1/2020).

Di bawah prosedur penyaringan, pengunjung dari Wuhan akan dibawa ke lokasi terpisah di bandara di mana mereka akan ditanyai dan dicek kesehatannya. Pengunjung dengan gejala terinfeksi akan ditanyai dengan pertanyaan lanjutan dan akan dirujuk ke fasilitas kesehatan untuk tes lainnya.

Coronavirus merupakan suatu keluarga besar virus yang mengakibatkan infeksi mulai dari demam pada umumnya sampai sindrom pernapasan yang akut atau SARS yang pada 2002 silam menyebar ke 37 negara dan menyebabkan 774 kematian.

Sejumlah pejabat kesehatan belum mengategorikan Coronavirus berbahaya seperti SARS, namun investigasi terus berkembang seiring belum dapat dipastikanapakah virus tersebut dapat menyebar antarmanusia.

Pihak kesehatan China melaporkan bahwa sebagian besar pasien yang terinfeksi virus sebelumnya sempat terpapar kontak dengan hewan hidup di pasar yang besar. Hal ini mengindikasikan bahwa virus ini bersifat baru dan menular dari hewan ke manusia.

Sumber : Reuters

Pernah Kecelakaan, Mungkin Anda Mengalami Alexithymia

Previous article

Ade Irawan Dimakamkan Satu Liang Lahat Suami

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health