FeatureNews

RSUP Sardjito Bantah Rawat Pasien Virus Corona

0
kasus positif corona
Jogja aman dari virus corona (Ima)

STARJOGJA.COM, JOGJA – RSUP Sardjito bantah rawat pasien terkena virus Corona. Bantahan ini disampaikan menanggapi Isu akan adanya pasien pengidap virus corona atau novel corona virus (2019) di RSUP Dr Sardjito.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan, kepada wartawan  membantah jika kabar Sardjito merawat pasien terkena virus Corona itu.

“Perlu kami sampaikan jika sampai saat ini (28/1/2020) pukul 08.00 Wib, RSUP Dr Sardjito belum menerima atau merawat satu pasien yang terjangkit corona virus,” ujar Banu saat acara jumpa pers pada Selasa, (20/1/2020).

Baca Juga : Belum Ada yang Terkena Virus Corona di Indonesia

Pihak RSUP Dr Sardjito bersikap bantah rawat pasien virus Corona  menanggapi beredarnya isu melalui media sosial twitter yang menyatakan adanya pasien suspek corona. Sementara yang sebenarnya terjadi di RSUP Dr Sardjito sendiri adalah adanya pasien yang beberapa waktu lalu telah berkunjung dari Hainan dan ingin melakukan cek kesehatan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pasien oleh tim medis RSUP Dr Sardjito, kondisi pasien tersebut tidak mengalami gejala-gejala yang mengarah pada corona virus,” imbuhnya.

Terkait adanya kejadian tersebut pihak RSUP Dr Sardjito menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan jangan mudah terpengaruh dengan isu-isu yang belum jelas kebenarannya.

Sebelumnya, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito menyebut Jogja aman dari virus corona yang menyebar dari Kota Wuhan, China. Sardjito juga membantah kabar bohong alias hoaks yang beredar di media sosial yang menyebut dua perawat rumah sakit tersebut tertular virus corona. Pesan palsu itu pertama kali disebarkan oleh akun Whatsapp yang mengaku sebagai Kabag Op Sarjito.

Kepala Pelayanan IGD RSUP Dr. Sardjito, Andreas Dewanto, mengungkapkan virus corona adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat, seperti pilek dan penyakit serius seperti MERS dan Severe Acute Respiratory Infection (SARS). Hingga kini di Jogja belum ditemukan orang yang diindikasi terkena virus corona.

“Jadi di Jogja masih aman,” katanya, Rabu (21/1/2020).

Dia mengatakan orang yang diduga terkena virus corona tidak lantas dibawa ke ruang isolasi. Namun, ada pemeriksaan terlebih dahulu meliputi proses asesmen, penanganan, dan pembuktian diagnosis.

Selena Gomez Pernah Dilecehkan Justin Bieber

Previous article

Alasan 6 Kabupaten di Jateng Pilih UNY Lokasi CAT

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature