Health

Indonesia Tambah Dua Kasus Virus Corona Jadi 6

0
Rakyat China demo

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah kembali melaporkan dua kasus baru positif terpapar virus corona (Covid-19). Satu di antaranya masih terkait dengan kasus pertama. Dengan demikian saat ini Indonesia memiliki enam orang positif Covid-19.

“Ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan cluster tracing jakarta. Tadi sudah dapat data laboratorium yang bersangkutan confirm positif Covid-19,” kata Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes sekaligus Juru Bicara penanganan Covid-19 untuk Indonesia, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Baca juga: China Klaim Kasus Baru Corona dari Luar Negeri

Kasus kelima merupakan laki-laki berumur 55 tahun. Kondisinya saat ini tercatat stabil tanpa ada gejala apapun. Sementara itu kasus keenam adalah laki-laki berusia 36 tahun. Dia diduga membawa virus saat bertugas sebagai anak buah kapal di Diamond Princess.

Seperti diketahui, Diamond Princess sempat disebut sebagai episentrum penyebaran Covid-19. Kapal ini tercatat memiliki 78 warga negara Indonesia yang berkerja sebagai anak buah kapal.

Sebanyak sembilan orang dinyatakan positif Covid-19 di Jepang. Namun tiga di antaranya telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan kembali di Indonesia setelah menjalani masa isolasi di rumah sakit di Jepang bersama yang lainnya.

Sisanya, atau 68 orang, dievakuasi pemerintah. Kemudian dua di antaranya diisolasi karena diduga telah terinfeksi Covid-19.

“Kedua confirm kasus positif, kasus 06. Laki-laki 36 tahun ini imported case. Dia dapatkan dari jepang saat kerja di ABK Diamond Princess,” kata Yuri.

Serupa dengan kasus 5, kondisi kasus 6 terbilang stabil. Pasien dalam kondisi sadar penuh tanpa gejala batuk, demam, dan pilek.

Adapun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah meneliti 620 spesimen terkait pengendalian wabah virus corona atau Covid-19 dari 25 provinsi, Minggu (8/3/2020). Sebanyak 21 di antaranya dinyatakan sebagai terduga, karena memiliki kecenderungan telah terinfeksi Covid-19.

Hati-hati Membeli Masker di Media Sosial

Previous article

Puskesmas Bisa Menangani Virus Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health