Health

Italia Mengisolasi Warganya Lebih Luas

0
Rakyat China demo

STARJOGJA.COM, Info – Italia memperluas upaya mengisolasi warga secara nasional menyusul kekhawatiran terus meningkatnya penyebaran virus Corona. Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan pada konferensi pers, Senin 9 Maret malam waktu setempat, bahwa pembatasan perjalanan yang awalnya diterapkan di bagian utara Italia kini diperluas hingga seluruh negeri. Dia menyebut bahwa upaya ini disebut dengan gerakan I’m staying home.

“Kita perlu mengubah kebiasaan kita sekarang. Kita harus memaksakan pengorbanan ini,” kata Conte, dilansir Bloomberg, Selasa (10/3/2020).

Kurang dari 48 jam setelah mengumumkan langkah-langkah pengendalian penyebaran virus di wilayah sekitar Milan, Conte bergerak untuk memperluas pembatasan dengan dekrit di seluruh negeri. Pada Minggu 8 Maret 2020, seluruh wilayah Lombardy, termasuk pusat keuangan di Milan dan 14 provinsi yang paling terdampak di utara Italia ditutup hingga 3 April 2020.

Baca Juga : Pasien Meninggal Virus Corona Mencapai 4.009

Di bawah dekrit terbaru itu, sekolah dan universitas ditutup secara nasional, semua acara publik akan dibatalkan dan warga Italia tidak akan diizinkan bepergian tanpa alasan bisnis atau kesehatan terkait sampai 3 April 2020.

Dekrit itu juga hanya mengizinkan warga bepergian antarkota dengan alasan darurat dan dapat dikenakan hukuman hingga 3 bulan penjara jika melanggar.

Upaya ini tetap dilakukan meski beberapa inisiatif di utara Italia tampaknya menghasilkan efek yang terbatas, karena kereta api dan bandara masih beroperasi dan banyak orang Italia terus bergerak bebas. Tentara dan polisi baru mulai melakukan pemeriksaan di bandara dan stasiun kereta pada Senin kemarin.

Keputusan Conte diumumkan setelah jumlah kasus di Italia melonjak sebesar 25 persen menjadi 9.172 pada Senin kemarin. Kematian yang dilaporkan melonjak menjadi 463 dari 366.

Wabah ini sedang menguji batas-batas sistem kesehatan negara dan merupakan pukulan bagi ekonomi yang sudah di ambang resesi. Kementerian Keuangan Italia mengatakan bahwa negara itu lebih baik menghadapi pukulan ekonomi jangka pendek sekarang untuk mencegah krisis yang lebih luas.

Pemerintah Kamis pekan lalu telah menggandakan pengeluaran darurat menjadi 7,5 miliar euro atau US $8,5 miliar untuk meredam dampak ekonomi dari virus tersebut. Angka itu akan naik lebih jauh, la Repubblica melaporkan Senin, mengutip sebuah wawancara dengan Conte.

Pasien Meninggal Virus Corona Mencapai 4.009

Previous article

Disneyland Shanghai China Dibuka Lagi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health