NewsNusantara

97.000 Siswa Terkena Dampak Solo Semi Lockdown

0
wajib masker
IlusSiswa belajar mengenakan masker medis dengan benar saat aksi Waspada Virus Corona di SDII Al Abidin, Solo, Senin (3/2/2020). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

STARJOGJA.COM. SOLO –  Status kejadian luar biasa (KLB) virus corona atau Covid-19 yang ditetapkan di Kota Solo menjadikan semua sekolah di jenjang SD dan SMP termasuk madrasah. Kebijakan Solo semi lockdown itu berdampak kepada sekitar 97.000 siswa SD dan SMP di seluruh Kota Solo.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengumumkan semua sekolah jenjang SD dan SMP termasuk madrasah di Solo libur selama 14 hari mulai Senin (16/3/2020). Kebijakan sekolah di Solo libur selama 14 hari itu terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona menyusul meninggalnya satu pasien positif di RSUD dr. Moewardi, Rabu (11/3/2020) lalu.

Wali Kota Solo mengatakan kebijakan ini bisa diperpanjang menyesuaikan dengan perkembangan situasi.

“Untuk jenjang SMA tetap masuk karena sedang ada ujian,” kata Rudy, sapaan akrab Wali Kota, kepada wartawan, Jumat (13/3/2020).

Berdasarkan data yang terhimpun Solopos.com, jumlah siswa SD di Kota Solo sekitar 61.000 siswa. Mereka menempuh pendidikan di 247 SD. Kemudian ada 9 madrasah ibtidaiah yang memiliki sekitar 2.400 siswa.

Di tingkat SMP, ada 75 sekolah yang digunakan sekitar 30.000 siswa untuk belajar. Kemudian ada 8 madrasah tsanawiyah yang memiliki 3.200 siswa. Adanya Solo semi lockdown menjadikan sekolah mewacanakan bikin kelas online agar kegiatan belajar mengajar tetap bergulir selama libur 14 hari.

Tanpa Tatap Muka
Kepala SMPN 1 Solo, Sutarmo, mengatakan pengelola sekolah tetap mengikuti kebijakan Pemkot sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

“Kami tetap mengikuti petunjuk pimpinan. Keselamatan jiwa orang yang lebih diutamakan,” kata Sutarmo saat dihubungi Solopos.com, Jumat (13/3/2020) malam.

Sutarmo yang juga ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Solo mengatakan kegiatan belajar mengajar diupayakan tetap bergulir selama dua pekan sekolah diliburkan. Hanya, kegiatan itu dilakukan tanpa bertatap muka langsung.

Selain meliburkan sekolah, Solo semi lockdown juga menjadikan sejumlah agenda kegiatan ditunda. Agenda itu di antaranya Solo Culinary Festival, Solo 24 Jam Menari, Pocari Run, Musrenbang, pertunjukan wayang orang tiap Sabtu, car free day, dan lomba kelurahan.

“Mau dikatakan Solo lockdown boleh kalau saya melakukan juga salah, tidak juga saya salah. Mending saya disalahkan orang waras daripada disalahkan orang sakit. Orang waras menyalahkan dengan adanya lockdown dan sebagainya apa istilahnya akan berkurang pendapatannya. Mending dicibir oleh mereka yang waras daripada dicibir oleh mereka-mereka yang sakit corona,” tegas dia.

SUMBER : SOLOPOS.COM

Corona Solo: 2 Positif, 62 Dikarantina, Sekolah Diliburkan

Previous article

Kurangi Resiko Penularan Corona, UAD Tunda Wisuda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News