Positif Corona Covid-19 di DIY Jadi 18 Orang

0
pulang
ilustrasi - Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona untuk penelitian di Laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya di Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020). - ANTARA FOTO/Umarul Faruq

STARJOGJA.COM, Info – Pasien positif virus Corona Covid-19 di DIY bertambah menjadi 18 orang. Berty Murtiningsih, juru bicara Pemprov DIY untuk Penanganan COVID-19 mengatakan hasil laporan RS Rujukan Covid hari ini ada penambahan di DIY.

“Sudah diperiksa/diswab 115 orang, Hasil negatif : 33 orang, hasil positif : 18 ( Sembuh: 1, meninggal 3), masih dalam proses : 64 orang (meninggal : 2) ,” katanya Rabu (25/3/2020).

Baca Juga : 2 Positif Corona di DIY Dirawat di Kota Jogja dan Bantul

Berty mengatakan jumlah pasien yang melonjak tajam ini karena akumulasi uji laboratorium sebelumnya belum keluar. Sehingga jumlahnya naik tajam dari 6 kasus kini menjadi 18 kasus virus corona Covid-19 di Yogyakarta.

“Bahwa lonjakan angka hari ini merupakan akumulasi uji lab sebelumnya yang belum keluar. Seperti diketahui oleh teman-teman bahwa BBTKLPP sempat mengalami kekosongan primer yang menjadi salah satu bahan baku uji PCR,” katanya.

Sebelumnya, ada 98 orang yang sudah diuji coba di DIY dengan hasil negatif 30 orang. Enam orang dinyatakan positif Corona COVID-19 dengan satu orang sembuh dan satu meninggal. Sedangkan, 62 orang masih dalam proses pemeriksaan dan dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal sebelum hasil lab keluar.

Bantul

Pasien yang dinyatakan positif terjangkit Coronavirus Disease atau Covid-19 di Bantul bertambah dua menjadi tiga orang. Pasien positif Corona tersebut diketahui berasal dari klaster Bogor serta dari Singapura.

Penambahan ini dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso, Rabu (25/3/2020).

Sri Wahyu mengatakan pasien yang sedang dirawat inap per 25 Maret 2020 ini sebanyak 20 orang pasien dalam pengawasan (PDP), tiga orang pasien confirm positif Covid-19, dan dua orang dalam pemantauan (ODP).

Tiga pasien yang positif Covid-19 adalah, “Satu orang yang di rawat di RSPS [Rumah Sakit Umum daerah Panembahan Senopati Bantul adalah paaien lama. Sedangkan hari ini, 25 Maret ada 2 pasien konfirm baru dengan rincian satu orang di RSPS dan satu orang di RS Panti Rapih,” kata Sri Wahyu yang biasa disapa dokter Oky.

Oky menjelaskan dua pasien baru positif Covid-19 itu satu orang deswasa dan satu orang anak-anak. Untuk anak-anak usianya tujuh tahun dan kini sedang menjalani perawatan di RSUD Panembahan Senopati. Pasien tersebut asal Kecamatan Bambanglipuro.

Sementara satu pasien positif lainnya yang di rawat di Panti Rapih pasien dewasa usia 71 tahun asal Kecamatan Kasihan. Menurut Oky, pasien positif asal Kasihan yang dirawat di Panti Rapih awal mula ditemukan oleh Dinas Kesehatan Kota Jogja dan riwayatnya pulang dari Singapura.

Oky mengatakan pasien anak yang positif Covid-19 di RSUD Panembahan Senopati itu diduga kontak dengan orang tuanya yang pulang dari Bogor, “Saat ini [Pasien Anak 7 Tahun tersebut] diisolasi bersama orang tuanya,” kata Oky.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here