Flash Info

Usai Corona, Bersiap akan Lonjakan Wisatawan

0
wisatawan jogja
Wisatawan berpose di ikon gumuk pasir (foto : Dyan Revi)

STARJOGJA.COM, Info – Kendati wabah corona masih terjadi, para pelaku usaha pariwisata diminta untuk tetap bersiap-siap menyambut lonjakan wisatawan, setelah pandemi tersebut usai.

Dalam Webinar Update Industri Pariwisata MarkPlus Tourism, Founder & Chairman MarkPlus Tourism Hermawan Kartajaya memprediksi, pascapandemi Covid-19 usai, para turis akan kembali jalan-jalan untuk melalukan balas dendam setelah berbulan-bulan di rumah.

Dia mengatakan pelaku pariwisata harus bisa memanfaatkan lonjakan wisatawan ini dan melakukan persiapan mulai dari sekarang, untuk menyambut fenomena yang disebutnya sebagai revenge tourism.

Baca Juga : Jumlah Wisatawan Jip Merapi Turun 70%

“Ada dua hal bisa dilakukan, yaitu surviving dan preparing,” katanya, dalam webinar bertajuk Covid-19 Crisis in Tourism, yang digelar oleh MarkPlus Tourism melalui aplikasi Zoom, Senin (6/4/2020).

Untuk saat ini, sambungnya, pelaku industri pariwisata harus bertahan dan menjaga keuangannya, manfaatkan pemasukan yang masih ada, sambil mempersiapkan bisnisnya setelah pandemic Covid-19 selesai.

Hermawan mencontohkan beberapa destinasi pariwisata dapat tetap mempromosikan destinasinya dengan pesan yang berbeda dari biasanya. Menurutnya para pengelola harus berpesan bahwa masyarakat harus mematuhi kebijakan bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Namun pesan tersebut harus dilanjutkan dengan kata-kata bahwa para pengelola menunggu turis untuk kembali lagi setelah wabah corona.

“Melalui pesan yang disampaikan tersebut, secara relevan  menunjukan kalau destinasi tersebut sudah siap pasca Covid-19,” tambahnya.

Dia menegaskan, saat ini  menjadi periode yang tepat untuk merancang rencana matang menyambut masa revenge tourism.

“Bagi destinasi yang kurang populer bisa dipersiapkan dari sekarang sehingga lebih populer lagi dan ramai kunjungan,” tegasnya.

Di sisi lain, Hermawan meminta kepada pelaku pariwisata untuk meningkatkan kualitasnya karena diprediksi kebiasaan turis pasca wabah coronaakan berubah. Mereka diprediksi menuntut destinasi yang lebih berkualitas.

“Mereka akan lebih peduli kepada daerah yang bisa mengakomodasi safetyhealthy, dan sustainability,” imbuhnya.

Melihat kondisi tersebut, pelaku pariwisata harus mempersiapkan faktor alam, kebudayaan, dan ekonomi setempat untuk dimaksimalkan.

“Jadi selain devisa masuk, mereka mau membayar lebih karena ada value atau nilai lebih didapat. Itulah quality tourism,” sambung Hermawan.

SUmber : Bisnis

Inggris Tuding Corona dari Keboncoran Lab di China

Previous article

Pink Berbagi Kisah Menghadapi Virus Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info