Health

Pasien Sembuh Corona harus Isolasi Mandiri 14 Hari

0
pasien sembuh COVID-19 DIY
Connie Titchen, pasien berusia 106 tahun sembuh dari covid-19, foto itv.com

STARJOGJA.COM, Info – Pasien sembuh Corona (Covid-19) diharuskan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Banyak hal yang harus mereka lakukan dengan ketat selama masa isolasi tersebut. Apa saja itu?

Pasien Virus Corona yang sembuh semakin bertambah. Hingga kemarin, data Kementerian Kesehatan menunjukkan ada 607 orang yang dinyatakan sembuh dari virus ini.

Namun kata Ketua Tim Penanganan Covid-19 sekaligus Juru Bicara RS Persahabatan untuk Covid-19, dr. Erlina Burhan, pasien yang sembuh tidak serta merta bisa keluar rumah dengan bebas. Mereka harus melanjutkan isolasi diri minimal 14 hari.

Erlina menjelaskan selama menjalani isolasi pasca sembuh dari virus corona, orang tersebut harus menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. Tidak lupa untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang sekitar, rajin mencuci tangan, mengukur suhu tubuh secara rutin, dan melaporkan perkembangan kesehatannya kepada petugas kesehatan atau petugas rumah sakit tempat mereka dirawat sebelumnya.

Laporan rutin itu diperlukan untuk memastikan apakah gejala Virus Corona muncul lagi atau tidak pada mantan pasien tersebut.

Baca Juga : Pasien Jujur Selamatkan Diri dan Tenaga Medis

“Mohon jaga diri selama masa pasca perawatan. Bukan berarti kalau sudah sembuh, kembali ke rumah bebas berkeliaran. Jadi tetap disyaratkan melakukan isolasi diri minimal 14 hari di rumah,” tutur dokter ahli paru itu  dalam sebuah diskusi online, yang digelar Bakrie Center Foundation, Jumat malam (17/4/2020).

Di sisi lain, dia meminta agar masyarakat menggunakan masker apabila keluar ke rumah. Sebab bisa saja orang di sekitar sudah terpapar virus corona namun tidak menunjukkan gejala. Katanya cukup menggunakan masker kain namun bukan dari bahan yang seratnya jarang dan transparan.

Sumber : Bisnis

Sangat Menular, Limbah Medis Virus Corona harus Dibakar

Previous article

Fenomena Ribuan Cacing Keluar dari Tanah Viral di Solo

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health