Kab SlemanNews

Hasil Rapid Test 7 PNS Sleman Pengunjung Indogrosir Reaktif

0
tes antigen
Ilustrasi rapid test

STARJOGJA.COM. SLEMAN – Satgas Covid-19 Sleman sudah melakukan rapid test bagi ratusan ASN atau PNS yang berbelanja di Indogrosir pada periode 19 April hingga 4 Mei. Hasilnya, sebanyak tujuh orang ASN dinyatakan reaktif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi mengatakan berdasarkan hasil RDT massal yang dilakukan Satgas Covid-19 Sleman, Sabtu (16/5/2020) dari 250 kuota pelaksanaan RDT hanya 128 ASN yang mengikuti. Satgas Covid mencatat terdapat 179 ASN yang terdata berbelanja ke Indogrosir selama periode 19 April-4 Mei.

Selebihnya, kata Evie, yakni 51 ASN sudah melakukan test mandiri maupun test di Puskesmas. “Dari 128 ASN yang mengikuti RDT hari ini sebanyak tujuh orang ASN yang reaktif,” katanya, Sabtu (16/5/2020).

Sebelumnya, Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo mengatakan pelaksanaan RDT massal bagi PNS tersebut dilakukan setelah sebagian PNS juga tercatat sebagai pengunjung Supermarket Indogrosir.

“Iya betul, tapi jumlahnya tidak sampai 250 orang. Yang terdata di BKPP Sleman hanya 121 orang,” kata Joko.

Berdasarkan informasi yang diterima Harianjogja.com, PNS yang berkunjung ke Indogrosir berasal dari beragam instansi. Selain untuk berbelanja kebutuah rumah tangga, mereka juga berbelanja untuk kebutahan koperasi atau terkait penyediaan bantuan sembako bagi warga terdampak Covid-19.

Selain 128 ASN atau PNS Pemkab Sleman, terdapat 121 sukarelawan baik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun PMI Sleman yang mengikuti rapid test massal. Dari 121 relawan yang mengikuti tes cepat Covid-19, hanya tujuh orang yang dinyatakan reaktif.

Total dari 121 petugas lapangan Satgas Covid-19 Sleman tersebut, hanya tujuh orang yang dinyatakan reaktif usai menjalani RDT.

“Bagi yang reaktif baik ASN maupun petugas lapangan akan difasilitasi oleh Puskesmas untuk diantar ke pusat karantina kesehatan, Asrama Haji,” kat Evie.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengakui dua orang petugas lapangan BPBD Sleman yang dinyatakan reaktif usai menjalani tes cepat Covid 19. Kedua orang tersebut tercatat satu orang merupakan petugas harian lapangan (PHL) dan seorang lainnya bertugas di Posko Dekontaminasi dan Pemakaman.

Tekan Corona, Jawa Barat Meniru Korea Selatan

Previous article

Jumlah Pasien Positif Corona di DIY Hampir 200 Kasus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman