Kab Sleman

Harga Tes RDT Mandiri di Sleman Dinilai Mahal

0
harga RDT mandiri di Sleman
rdt UGM (humas ugm)
STARJOGJA.COM, Info –  Bagi orang yang ingin melakukan tes rapid diagnostic test (RDT) mandiri di Sleman sudah ditetapkan harga tes Covid-19 ini. Harga RDT mandiri di Sleman ini ditetapkan Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Perbup No. 26.2/2020 tentang Perubahan atas Perbup No. 29.1/2019 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo menuturkan tarif RDT mandiri di Sleman sebesar Rp210.000. Diakuinya, tarif ini terbilang tinggi untuk masyarakat Sleman, sehingga minat untuk rapid test mandiri belum begitu tinggi.
“Minat masyarakat belum terlalu tinggi, tapi memang puskesmas masih fokus RDT program,” ujarnya, Minggu (28/6/2020).
Ia menegaskan RDT mandiri ini berbeda dengan RDT program yang digunakan untuk tracing. Untuk RDT program, pengadaan dilakukan oleh Pemkab Sleman dan saat ini masih ada sekitar 10.000 kit. Sementara, pengadaan RDT mandiri dilakukan oleh puskesmas. Menurutnya, puskesmas bisa hanya punya stok 10 kit RDT. Begitu menipis, baru distok ulang.
Diakuinya, selain harganya yang masih belum terjangkau bagi masyarakat yang menyebabkan rendahnya warga untuk tes mandiri, puskesmas juga belum fokus untuk mempromosikan layanan ini. Menurutnya, puskesmas masih fokus melakukan tracing kontak dengan RDT program.
“Puskesmas belum terlalu fokus utk RDT mandiri karena kami fokus tracing dengan RDT program. Kami juga minta puskesmas untuk tidak terlalu aktif mempromosikan, karena sifat puskesmas kan pelayanan. Intinya kami menyediakan kalau ada yang butuh,” terangnya.
Sumber : Harianjogja
Bayu

Minum Jamu, Kebiasaan di Tengah Pandemi Covid-19

Previous article

 Jokowi Minta Terobosan dalam Penanganan Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman