Health

Pemberian Daerah Zona Hitam Covid-19 untuk ini

0
zona jawa timur
Kota Surabaya masuk zona hitam dalam peta sebaran kasus Covid-19 di Jawa Timur pada 2 Juni 2020. - Twitter @Jatim_Pemprov

STARJOGJA.COM, Info – Merebaknya pandemi Covid-19 membuat pemerintah daerah menyatakan zona hitam, zona yang lebih dari zona merah. Menurut Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo penggunaan istilah zona hitam Covid-19 supaya masyarakatnya dapat lebih waspada.

“Ini belum. Zona hitam kalau 60 persen (dari total warga Kota Solo terinfeksi COVID-19),” katanya di Solo, Senin (13/7/2020).

Meski demikian, dengan penyebutan zona hitam pihaknya berharap masyarakat selalu mengikuti protokol kesehatan setiap beraktivitas, termasuk selalu menggunakan masker.

“Ya, tidak berlebihan (istilah tersebut), zona hitam ini agar masyarakat lebih waspada. Biasanya kan tambahannya 1-2, ini tiba-tiba 18,” katanya.

Baca juga : Sebaran Kasus Covid-19 Jawa Timur, Surabaya Warna Hitam

Sebelumnya, dikonfirmasi oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, sebanyak 25 mahasiswa yang sedang menjalani Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) di RSUD dr Moewardi positif COVID-19.

Berdasarkan data, sebagian di antaranya ber-KTP Solo. Selain penambahan jumlah kasus dari tenaga kesehatan, terdapat pula kasus lain dari masyarakat umum, salah satunya pedagang di Pasar Harjodaksino.

“Kalau dari pihak RSUD, untuk komunikasi baru kita panggil (pihak RSUD), tetapi kami minta izin dulu ke Gubernur karena itu punyanya Pak Gubernur (Pemprov Jateng). Kami minta izin untuk memperlancar komunikasi, tidak perlu ada istilahnya laporan terlambat, ditutupi, susah dihubungi,” katanya.

Ia berharap antara Pemerintah Kota Surakarta dengan RSUD dr Moewardi terjalin komunikasi yang baik.

“Karena kita ini gotong-royong. Perkara dr Moewardi yang mengurusi adalah provinsi tetapi berada di wilayah Solo. Kalau dikatakan zona hitam, ya, benar. Semua ngebyuk (pasien COVID-19) di Solo,” katanya.

Terkait hal itu, ia meminta agar pihak RSUD dr Moewardi setiap hari selalu memberikan laporan kepada Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

“Jam 12.00 WIB beri laporan ke Dinas Kesehatan, baru kemudian diinfokan ke lurah-lurah,” katanya.

Sementara itu, sebagai tindak lanjut, pihaknya akan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah dengan tingkat risiko penyebaran lebih tinggi dibandingkan wilayah lain di Solo, di antaranya Jebres dan Mojosongo.

Pada kesempatan itu ia juga menampik beberapa daerah dikatakan sebagai zona merah karena jumlah kasus yang tergolong rendah.

“Indikator zona merah minimal 1 persen dari jumlah penduduk. Mojosongo hampir 70.000 warga, kena lima. Masih jauh dari zona merah atau hitam,” katanya.

Sumber : Antara

Bayu

Penjual Gudeg di Sosrowijayan Mbah Lindu Meninggal

Previous article

Pandemi Covid-19, Konsumsi Internet Anak-anak Tinggi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health