Kota JogjaNews

Jogja Santun Bersepeda Ajak Pesepeda Tertib di Jalan

0
Jogja Santun Bersepeda.
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

STARJOGJA.COM, JOGJA – Sejumlah penggerak komunitas sepeda yang tergabung dalam Lintas Komunitas Sepeda Jogja , Minggu Pagi (02/08) melakukan aksi gerakan Jogja Santun Bersepeda. Aksi digelar di sejumlah titik di Yogyakarta.

Gerakan Jogja Santun Bersepeda ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh pesepeda di Yogyakarta agar tertib dan mengikuti aturan lalu lintas di jalan.

“Ini adalah gerakan edukasi bagi para pesepeda Yogyakarta yang semakin hari semakin banyak namun belum dibarengi dengan kesadaran mentaati aturan lalu lintas,” ujar Koordinator Aksi A Noor Arief.

Meningkatnya animo masyarakat untuk bersepeda dimasa pandemi Covid-19 ini menjadi kesadaran positif untuk menjalani pola hidup sehat.

Selain menerapkan protokol kesehatan, juga harus dibarengi dengan kesadaran mentaati peraturan di jalan demi keselamatan.

“Hal ini menjadi perhatian khusus kami, karena dengan mengikuti aturan yang ada maka akan tercipta budaya keselamatan di jalan raya. Kami ingin semua sehat tapi juga selamat,” jelasnya.

Ia mengatakan maraknya pesepeda saat ini merupakan sebuah fenomena yang tidak hanya ada di DIY namun juga terjadi di daerah-daerah lain.

“Namun timbul rasa prihatin bila melihat pesepeda yang tidak mengikuti peraturan yang telah ditetapkan. Edukasi ini sangat penting karena akan mengingatkan bahwa bersepeda tidak hanya sehat namun juga harus selamat,” tuturnya.

Dengan aksi ini Arief berharap, agar para pengguna jalan khususnya pesepeda untuk lebih santun dan mentaati peraturan lalu lintas ketika bersepeda di jalan raya.

Aktifkan RS Lapangan Khusus OTG di DIY

Previous article

Lebih dari 60.000 Mahasiswa Memilih Meninggalkan Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja