News

Menkes Terawan Jarang Muncul di Publik, Tampil di Oxford

0
Menkes Terawan
Keterangan foto: Kiri-Kanan: Tim Pemeriksa Kesehatan Capres dan Cawapres: Sekretaris Jenderal PB IDI- Dr. Moh. Adib Khumaidi Sp.OT (kiri), Direktur RSPAD Gatot Subroto - Mayjen TNI dr Terawan Agus Putranto, SpRad, Ketua Umum PB IDI - Prof. Dr. Ilham Oetama Marsis Sp.OG(K), Wakil Ketua Umum IDI -Dr. Daeng M Faqih, SH MH, dan Ketua Tim pelaksana Penilaian Kemampuan Jasmani dan Rohani - Dr Astronias Bakti Awusi, SpPK, MKes

STARJOGJA.COM, Info – Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto ramai dicari warganet karena jarang berbicara di publik soal penanganan Covid-19. Namun, ternyata Menkes Terawan beberapa waktu lalu tampil di wawancara dengan Oxford Business Group.

Pada artikel yang diunggah 18 September 2020 untuk Indonesia Report 2020 itu, Terawan menjawab sejumlah pertanyaan terkait strategi penanganan Covid-19 dan peran teknologi dalam membantu masyarakat mempermudah akses ke fasilitas layanan kesehatan.

Dalam wawancara tersebut, Terawan menyebutkan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah membuat fitur Covid-19 pada aplikasi SehatPedia milik Kemenkes yang ditujukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait penularan dan bahaya virus tersebut.

Baca Juga : Viral Tagar Terawan, Istana Buka Suara

“SehatPedia juga menyediakan fitur penilaian mandiri untuk memfasilitasi deteksi dini di masyarakat dan ada fitur konsultasi yang memungkinkan pengguna berkonsultasi langsung dengan dokter terkait gejala Covid-19 dan kekhawatiran lainnya,” jelas Terawan dalam wawancara tersebut.

Menurutnya, teknologi berperan penting dalam penanganan wabah virus Corona saat ini menurutnya pengobatan melalui bantuan teknologi atau telemedicine penting dalam memberikan masyarakat akses yang adil ke layanan kesehatan, sehingga mengisi kesenjangan.

“Kami telah memanfaatkan teknologi ini untuk memfasilitasi interaksi antara pasien dan dokter, serta antara dokter dan dokter lain, terutama di daerah terpencil. Misalnya, teknologi memungkinkan petugas kesehatan atau dokter umum di daerah terpencil untuk berkonsultasi dengan spesialis di rumah sakit perkotaan mengenai hasil pemeriksaan,” ungkapnya.

Aplikasi kesehatan juga merupakan kunci dalam membuat perawatan kesehatan lebih mudah diakses, karena memungkinkan komunikasi pasien ke pasien dan dokter-ke-dokter terjadi secara real time.

“Kementerian Kesehatan membentuk sistem telemedicine yang disebut Telemedicine Indonesia, atau Temenin, yang digunakan untuk mengakomodasi interaksi telemedicine antara tenaga medis dalam prosedur seperti ultrasound, radiografi, dan elektrokardiogram. Sedangkan layanan konsultasi antara pengguna dan dokter dapat ditemukan di SehatPedia,” terangnya.

Selain itu, Terawan juga membeberkan upaya pemerintah secara umum terkait dengan penanganan Covid-19.

 “Upaya yang dilakukan antara lain kami meningkatkan kapasitas dalam persiapan untuk menangani virus, membuka ruang isolasi, dan memperketat protokol kesehatan untuk semua staf. Rumah sakit perlu dilengkapi dengan infrastruktur medis yang memadai sesuai dengan standar kesehatan dan juga harus memiliki tenaga penunjang kesehatan tambahan seperti banyaknya mahasiswa kedokteran tahun terakhir yang secara sukarela membantu rumah sakit,” jelasnya.

Dia juga menegaskan bahwa masyarakat juga perlu membeli masker dan pembersih tangan, sekaligus memastikan bahwa tenaga medis kami memiliki sumber daya yang cukup di rumah sakit.

Selain itu, pemerintah juga mengandalkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang bekerja untuk meningkatkan efisiensi dan kapasitas untuk mengatasi penyakit, dan bekerja dengan lembaga penelitian dan laboratorium untuk mempercepat pengujian swab reaksi berantai polimerase dan pengujian cepat massal.

“Dengan pemikiran ini, kami juga memberikan izin pada laboratorium regional untuk menguji Covid-19. Peningkatan efisiensi, kapasitas, dan pengetahuan teknis akan tetap menjadi bagian dari sistem perawatan kesehatan kita setelah pandemi mereda,” ujarnya.

Sumber : Bisnis

Bayu

Bea Materai Sah Satu Tarif Menjadi Rp10 ribu

Previous article

Mikel Arteta Masih Ingin Pemain Baru di Arsenal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News