Kota JogjaNews

Penumpang KA Jarak Jauh Antusias Ikuti Rapid Test Antigen

0
penumpang KA antigen
FOTO : Istimewa

STARJOGJA.COM,JOGJA – Calon Penumpang KA Antusias Ikuti Rapid Test Antigen. Diketahui, mulai 22 Desember 2020 – 8 Januari 2021, pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan untuk menunjukkan hasil Rapid Test Antigen yang negatif atau hasil PCR Swab negatif, sebagai syarat untuk naik Kereta Api.

“KAI mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api,” demikian disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, mengutip dari EVP Corporate Secretary KAI Dadan Rudiansyah.

Selain itu, setiap penumpang KA wajib untuk menerapkan dan mematuhi protokol Kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M).Penumpang KA Jarak wajib Rapid Test Antigen.

Pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil Rapid Test Antigen negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 3 hari sebelum tanggal keberangkatan KA (H-3) atau Tes PCR Negatif Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya 14 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-14). Adapun syarat-syarat tersebut tidak diwajibkan untuk pelanggan KA Jarak Jauh dengan usia dibawah 12 Tahun.

Setiap pelanggan KA Jarak Jauh harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), memakai masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Selama dalam perjalanan, pelanggan diharuskan menggunakan Face Shield dan diimbau menggunakan pakaian lengan panjang.

Sebagai peningkatan pelayanan KAI kepada para calon pelanggan, KAI menyediakan layanan Rapid Test Antigen di stasiun dengan harga Rp105.000.

“Layanan ini tersedia melalui Sinergi BUMN dengan Rajawali Nusantara Indonesia Grup,” ungkap Supriyanto.

Layanan tersebut tersedia di 15 Stasiun yaitu di Stasiun Gambir, Pasarsenen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang tawang, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya pasarturi, Malang

Dikarenakan proses pelayanan Rapid Test Antigen memakan waktu lebih lama dibanding Rapid Test Antibodi, maka calon pelanggan agar menyiapkan waktu yang cukup untuk melakukan tes tersebut. Pelanggan KA yang ingin menggunakan layanan Rapid Test Antigen di Stasiun, diimbau untuk melakukannya H-1 perjalanan untuk menghindari keterlambatan jika dilakukan di hari keberangkatan.

“Penyediaan layanan ini merupakan komitmen KAI untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api,” lanjut Supriyanto.

Layanan ini merupakan alternatif yang KAI hadirkan untuk kemudahan calon pelanggan yang akan naik Kereta Api. Selain di stasiun, calon pelanggan juga bisa menggunakan hasil Rapid Tes Antigen dari Rumah Sakit atau Klinik yang terpercaya.

” Dari pantauan kami di wilayah Daop 6 Yogyakarta, Pelanggan KA jarak jauh sangat antusias untuk mematuhi protokol kesehatan saat Naik KA. Hal ini terlihat dari cukup banyaknya pelanggan KA yang mengikuti Rapid test antigen pada tanggal 22 Desember 2020, baik di stasiun Yogyakarta (1012 orang) maupun di stasiun Solobalapan (203 orang). Pelayanan dibuka mulai 07.00 – 20.00, ” terangnya.

Tiga Hari, 24 Orang di Jogja Meninggal karena Corona

Previous article

Menteri Agama : Agama Sebagai Inspirasi Bukan Aspirasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja