Kota JogjaNews

Kota Jogja dan Sleman Peroleh Vaksin Pertama

0
vaksin covid-19 Pfizer
Ilustrasi vaksin Pfizer-BioNTech (antara reuters)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kota Jogja dan Sleman Peroleh Gelontoran Vaksin Pertama. Sementara distribusi untuk tiga kabupaten lainnya masih menunggu arahan Kementerian Kesehatan.

Menindaklanjuti proses vaksinasi covid-19, Pemda DIY akan mendistribusikan 22.070 dosis vaksin ke Kota Jogja dan Sleman pada Rabu (13/1/2021). Sementara distribusi untuk tiga kabupaten lainnya masih menunggu arahan Kementerian Kesehatan.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menjelaskan dari 26.800 dosis vaksin yang telah berada di Gudang farmasi Dinas kesehatan DIY, 9.728 dosis akan didistribusikan ke Kota Jogja dan 12.342 dosis ke Sleman.

“Distribusi ke Kota Jogja dan Sleman akan dilaksanakan pada 13 Januari. Sedangkan untuk kabupaten yang lain akan didistribusikan setelah mendapat droping tahap satu termin dua dari Biofarma, waktu masih menunggu arahan berikutnya,” katanya, Selasa (12/1/2021).

Seperti vaksin program imunisasi lainnya, distribusi akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan DIY ke Gudang farmasi Kota Jogja dan Sleman. Adapun 4.730 dosis sisa dari tahap satu termin satu masih disimpan sembari menunggu tambahan dan arahan kementerian berikutnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan pengiriman vaksin dari Dinkes DIY ke Dinkes Sleman akan dilaksanakan pada Rabu siang. Dinkes Sleman hanya menerima 12.342 dosis  pada termin pertama dari 14.484 SDM Kesehatan yang terdata.

“Vaksin ini akan disimpan di Dinkes sebelum didistribusikan ke masing-masing fasilitas kesehatan. Kamis pagi, kami distribusikan ke masing-masing rumah sakit dan Puskesmas,” katanya, Selasa (12/1/2021).

Dijelaskam Joko, tidak ada seremoni saat penerimaan vaksin tersebut. Seremoni hanya dilakukan saat kick off pemberian vaksinasi Covid-19 yang akan digelar di Puskesmas Ngemplak pada Kamis (14/1/2021).

“Kami hanya dapat jatah 12.342 dosis untuk termin pertama ini. Untuk seremoninya rencana hari Kamis di Puskesmas Ngemplak 2 untuk 10 sasaran,” katanya.

SUMBER : HARIAN JOGJA

Tips Ketika Berkunjung ke Indonesia

Previous article

Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan Tubuh

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja