Kab SlemanNews

Padukuhan di Sleman akan dilengkapi Wifi Gratis

0
padukuhan wifi gratis

STARJOGJA.COM, SLEMAN. Padukuhan di Sleman akan dilengkapi wifi gratis ( free wifi). Ini untuk Menindaklanjuti visi-misi Bupati Sleman terpilih, Kustini Sri Purnomo. Pemkab Sleman akan memfasilitasi seluruh padukuhan di Sleman dengan free wifi. Penyambungan jaringan internet ini direncanakan selesai dalam dua tahun.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman, Purwati, menuturkan saat ini di Sleman, fasilitas free wifi baru sampai pada tingkat kalurahan, belum menyentuh ke level padukuhan. “Akan terus diperluas untuk mendukung aktivitas masyarakat,” ujarnya, Jumat (5/3/2021).

Sleman kata dia, memiliki 1.212 padukuhan. Semua padukuhan tersebut akan difasilitasi free wifi secara bertahap yang ditargetkan dapat rampung pada 2023 mendatang. Fasilitas ini menurutnya sangat penting untuk menunjang aktivitas masyarakat seperti pendidikan, ekonomi dan lainnya.

Pemasangan jaringan internet akan menggunakan anggaran dari APBD perubahan 2021 Pemkab Sleman. fasilitas ini nantinya akan diletakkan di balai padukuhan. Sementara untuk padukuhan yang belum memiliki balai, free wifi akan diletakkan di fasilitas umum seperti masjid, taman, sekolah atau fasilitas umum lainnya.

Ia telah mengirimkan surat kepada semua kalurahan di Sleman untuk mendata setiap padukuhan di wilayahnya masing-masing terkait ketersediaan lokasi yang bisa digunakan untuk fasilitas free wifi apakah balai padukuhan atau fasilitas umum lainnya.

Sebelumnya, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan fasilitas internet gratis sampai tingkat padukuhan merupakan salahs atu programnya ketika mencalonkan diri sebagai Bupati Sleman, yang akan direalisasikan dalam dua tahun kepemimpinannya.

“Saya tidak memiliki program prioritas 100 hari kerja, tapi langsung kerja. Janji saya soal pemasangan internet akan kami laksanakan bekerja sama dengan Penewu, Lurah dan Dukuh. Ini perlu kami sosialisasikan dulu,” ungkapnya.

Kondisi geografis Sleman yang beragam membuat tak semua bisa mengakses internet. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sleman mencatat setidaknya terdapat 11 lokasi di Sleman yang belum terjangkau jaringan internet.

Sekretaris Diskominfo Sleman, Purwati, menjelaskan penemuan lokasi blank spot ini merupakan hasil survey saat pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 lalu, guna mengetahui ketersediaan jaringan internet di tempat pemungutan suara (TPS).

Dari sebanyak 361 lokasi yang disurvei, ditemukan 335 lokasi memiliki signal bagus dengan jaringan 3G dan 4G. sementara 15 lokasi hanya mampu menangkap signal H+ dan 11 titik lainnya tidak terjangkau signal data seluler “Data ini menjadi acuan kami bahwa masih ada lokasi yang sulit mengakses internet,” katanya, Sabtu (7/3/2021).

Lokasi yang masih kesulitan mengakses internet ini kebanyakan berada di sekitar lereng Gunung Merapi, seperti di Giri Kerto, Turi dan Glagahharjo, Cangkringan. Karena basis datanya adalah TPS yang kebanyakan berada rumah pribadi, maka Diskominfo Sleman belum menindaklanjuti temuan ini.

SUMBER : HARIAN JOGJA

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Mirip Grand Mosque UEA

Previous article

4 Zodiak yang Masuk Kategori Kejam

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman