Kota JogjaNews

Ini Hasil Pantauan Forpi Jogja di Hari Pertama Masuk Kerja

0
pantauan forpi

STARJOGJA.COM, JOGJA – Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta , Senin pagi (17/05) melakukan pantauan di kawasan balai kota pada hari pertama kerja setelah libur Lebaran.

Kegiatan Forpi ini untuk memastikan apakah ada ASN yang bolos pada hari pertama bekerja. Dari pantauan tersebut, disampaikan secara umum semuanya berjalan dengan lancar dan banyak pegawai yang mulai bekerja.

Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharrudin Kamba, menuturkan pihaknya melakukan pantauan ke sejumlah kantor dinas dan kemantren. Di antaranya yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Kesehatan dan Dinas Perizinan dan dua kelurahan lainnya. Dari pantauan tersebut, Kamba menyebutkan mayoritas pegawa kantor pemerintah sudah kembali bekerja seperti sedia kala.

“Hasilnya di Kalurahan Kotabaru, kami lihat di sana tidak ada petugas yang biasanya di resepsionis itu,” jelasnya.

Selain itu, saat ditanya keberadaan lurah juga disampaikan sedang menjalani WFH. Sementara di Kalurahan Cokrodoningratan, ditemukan ada petugas untuk pelayanan resepsionis dan lurah setempat sedang mengikuti acara di kecamatan.

Secara umum, Kamba menyampaikan jika pantauan berjalan dengan lancar. Sebagaimana pada kantor Disdukcapil yang sudah ramai aktivitas perkantoran. Sejak pagi hari, pelayanan untuk penduduk yang ingin mengurus administras kependudukan juga berjalan dengan baik.

Di kantor Dinas Kesehatan sendiri, Kamba turut menyampaikan aduan masyarakat mengenai layanan rumah sakit milik pemerintah daerah. Hal tersebut kedepannya juga akan ditanyakan langsung kepada Direktur Utama rumah sakit tersebut.

“Secara umum, lingkungan dan pelayanan berjalan dengan lancar dan baik,” imbuhnya.

Dari beberapa tempat yang dikunjungi, terpantau semua karyawan masuk pada hari pertama kerja. Tidak ada ASN yang dilaporkan cuti maupun alpa di hari pertama. Harapannya, semangat untuk bekerja akan berjalan seperti biasa, begitu juga dengan pelayanan terhadap masyarakat.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Disdukcapil, Septi Sri Rejeki mengatakan bahwa kantornya sudah ramai pegawai dan telah melakukan pelayanan sejak pagi. Secara pribadi, dirinya juga sudah melakukan pelayanan sejak Minggu (16/5/2021) pagi untuk melayani masyarakat yang hendak menikah di gereja.

“Sejauh ini lancar, dan tidak ada aduan dari masyarakat,” tukasnya.

Pegawai Disdukcapil sendiri disebut tidak ada yang mengambil cuti usai pelaksanaan libur lebaran berlangsung. Sejak pukul 09:15 WIB saat didatangi Forpi, Septi mengaku banyak pekerjaan di Disdukcapil yang sudah selesai dilakukan. Salah satunya kewajiban untuk menandatangani berbagai dokumen.

Selama bulan Mei sendiri mayoritas administrasi kependudukan yang dilayani yakni perubahan KK dan KTP berkaitan dengan jumlah pernikahan yang meningkat. Permintaan layanan KK juga meningkat untuk keperluan pendaftaran sekolah. Begitu juga dengan layanan akta kematian yang banyak diminta masyarakat.

Di India, Ratusan Jenazah Dikuburkan di Tepi Sungai

Previous article

Pengunjung Malioboro Hanya 500 Orang Per Hari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja