Ancaman Covid Arcturus
Ilustrasi seorang warga menggunakan masker kain
Flash InfoHealth

Beberapa Negara ini Membolehkan Warganya Tidak Memakai Masker

0

Starjogja.com, Flash Info – Sejumlah negara mulai melonggarkan protokol kesehatan terkait pencegahan penularan virus corona, salah satunya soal penggunaan masker di tempat umum. Selain karena tingkat infeksi Covid-19 yang rendah dan berhasil diredam, negara-negara yang telah mencabut aturan wajib bermasker telah melakukan vaksinasi terhadap hampir setengah populasinya.

Berikut deretan negara dan wilayah yang telah mencabut aturan wajib menggunakan masker di lokasi publik dikutip dari CNNIndonesia:

Selandia Baru
Pemerintahan Perdana Menteri Jacinda Ardern mulai melonggarkan aturan wajib bermasker sejak September 2020.

Australia
Sama seperti Selandia Baru, pemerintahan Perdana Menteri Scott Morrison mulai melonggarkan aturan bermasker pada 2020.

Baca jugaViral Video Melukis Masker di Wajah, Bule Dideportasi

Namun, Australia tetap menerapkan serangkaian pembatasan ketat seperti penguncian wilayah (lockdown) parsial di setiap wilayah dengan peningkatan infeksi corona.

Korea Selatan
Pemerintah Korea Selatan mengizinkan penduduknya yang telah disuntik vaksin Covid-19 setidaknya satu dosis untuk lepas masker di luar ruangan, mulai Juli 2021.

Amerika Serikat
Presiden Joe Biden meminta warga melepas masker dan tersenyum usai Centers for Disease Control (CDC) tak lagi mewajibkan penggunaan masker di ruangan bagi warga yang sudah dua kali mendapatkan dosis vaksin Covid-19.

Sampai saat ini, sekitar 59 persen populasi orang dewasa di AS sudah mengikuti program vaksinasi, baik itu sudah tuntas atau baru sekali suntik.

Baca juga : Walau Disuntik Vaksin, Masih Harus Bermasker

Israel
Warga Israel merayakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang sudah dilakukan kepada setengah penduduk negara itu dengan turun ke jalan tanpa masker.

Israel menjadi salah satu negara dengan proses vaksinasi tercepat di dunia. Berdasarkan data, setidaknya lebih dari 56 persen penduduk Israel telah menerima vaksin corona lengkap.

Hungaria
Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, mengklaim negaranya telah berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.

Dalam sebuah jumpa pers pada 21 Mei 2021, Orban menyebut Hungaria telah memvaksinasi hampir 5 juta warga.

China
China adalah negara yang pertama kali melaporkan kemunculan virus corona, tepatnya di Kota Wuhan.

Namun, akibat penanganan pandemi yang ketat dan tertib, China mampu meredam penularan corona dengan cepat ketika negara lain justru terus mengalami lonjakan infeksi.

Beberapa festival musik pun sudah digelar, salah satunya Wuhan Music Strawberry Festival yang dihadiri 11 ribu orang pada awal Mei lalu.

Pelonggaran protokol kesehatan tersebut berlaku 16 bulan sejak pandemi pertama kali muncul dan menyebar di kota tersebut.

Sumber: CNNIndonesia

Bayu

Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan Tubuh

Previous article

Sandiaga Uno Sindir Pelaku Wisata Nuthuk

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info