Health

Stok Obat Favipiravir di Kota Jogja Menipis

0
dosis antibiotik
Foto Ilustrasi Obat

STARJOGJA.COM, Info – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja menyebutkan stok obat Favipiravir yang biasa digunakan sebagai obat terapi bagi pasien Covid-19 hanya tersisa sebanyak 3.700 butir. Jumlah itu diperkirakan hanya cukup digunakan untuk kebutuhan kurang dari 100 pasien.

“Cuma 3.700 butir tersisa dan itu hanya cukup untuk 90 pasien,” kata Kepala Dinkes Kota Jogja Emma Rahmi Aryani, Selasa (3/8/2021).

Emma mengakui bahwa jumlah itu sangat terbatas. Pihaknya juga telah melakukan sejumlah hal termasuk berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mencukupi kebutuhan obat terapi bagi pasien Covid-19.

“Kalau memang sangat dibutuhkan kita sifatnya kolaborasi saja nanti. Misalnya dari TNI/Polri kan juga sudah mengedarkan beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Baca juga : Permintaan Obat Covid-19 Seperti Actemra Meningkat, Cek Khasiatnya

Beberapa waktu lalu, Dinkes Kota Jogja juga juga bersurat kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) serta Pemda DIY soal pemenuhan stok obat itu. Hanya saja, karena kondisi stok yang belum memadai penyediaan obat menjadi agak terkendala.

“Sampai sekarang kami masih menunggu penyediaannya bagaimana. Juli itu sudah berkirim surat kembali, kami tidak hanya meminta, tapi kami juga membeli. Namun karena stoknya tidak ada mau bagaimana,” ungkapnya.

Obat Favipiravir, kata Emma awalnya hanya belum digunakan secara teratur untuk penanganan pasien Covid-19. Pemakaian obat itu mulai dilakukan saat kasus Covid-19 meledak di DIY beberapa waktu lalu. Dia menjelaskan, Dinkes melalui puskesmas sebelum penggunaan obat itu hanya memberikan vitamin, multivitamin, madu dan juga suplemen mengandung Zinc kepada penderita Covid-19 melalui Puskemas.

“Awalnya kan hanya tersedia di Rumah Sakit, sebelumnya itu Oseltamivir. Nah kemunculan kasus besar itu baru didistribusikan ke puskesmas. Tapi jumlahnya sedikit, 1 puskesmas bisa 20 butir itupun tidak semua puskesmas,” kata dia.

Sumber : Harianjogja

Bayu

UGM Melantik 228 Insinyur Baru

Previous article

Makanan Yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari Saat Isoman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health