Sport

Berapa Harga Medali Olimpiade Jika Dijual?

0
harga medali olimpiade
medali olimpiade

STARJOGJA.COM, Info – Medali olimpiade menjadi penghargaan bagi yang menerima karena prestasi yang diraih. Tapi kemudian hari banyak atlet yang menjual medali olimpiade karena sesuatu hal. Pertanyaannya berapa harga medali olimpiade jika dijual?

Sebuah medali perak cabang olahraga menembak dari Olimpiade 1900 di Paris baru-baru ini dijual dengan US$1.283 (sekitar Rp18 juta). Kemudian, medali perunggu dari Olimpiade Musim Dingin 1956 di Cortina d’Ampezzo, Italia dijual dengan harga US$3.750 (sekitar Rp53 juta).

Sementara itu, medali perak dari Olimpiade modern pertama di Athena pada tahun 1896, dijual seharga US$180.111 (sekitar Rp2 miliar), menurut RR Auction, rumah lelang yang berbasis di Boston yang menangani ketiga penjualan itu, seperti dilansir dari The New York Times, Senin (9/8/2021).

Meskipun nilai sentimental mereka mungkin tak ternilai bagi para atlet yang memakainya di leher mereka, tapi ada beberapa medali Olimpiade yang digadaikan ke pegadaian dilelang, di mana kolektor membelinya seperti koin langka, buku komik dan artefak olahraga lainnya.

Baca juga : Keren 40 Siswa Madrasah Boyong Medali Olimpiade Internasional Matematika

Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif RR Auction, yang menjadi perantara penjualan tiga medali dan 18 medali lainnya pada 22 Juli, mengatakan lusinan mantan atlet Olimpiade terpaksa menjual medali mereka selama bertahun-tahun.

Beberapa karena kesulitan keuangan, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka termotivasi untuk mengumpulkan uang untuk amal. Bill Russell, legenda Boston Celtics, akan melelang medali emasnya dari Olimpiade 1956, ketika ia menjabat sebagai kapten tim bola basket AS, di musim gugur ini.

“Saya telah memutuskan untuk menjual sebagian besar koleksi saya,” kata Russell dalam sebuah video di situs web Hunt Auctions , Exton, Pa., rumah lelang yang akan menangani penjualan medalinya, beberapa cincin kejuaraan NBA-nya, jaket dan memorabilia lainnya.

Russell mengatakan bahwa sebagian dari hasil akan diberikan ke sebuah badan amal yang dia dirikan yang mempromosikan peluang bimbingan pemuda. Donasi juga akan diberikan untuk inisiatif keadilan sosial yang dibuat oleh Celtics.

RR Auction mengatakan, sebuah medali emas yang dimenangkan oleh seorang atlet tak dikenal dari tim bola basket AS 1984, terjual seharga US$83.188 (sekitar Rp1 miliar) pada 22 Juli.

Selain asal dan sejarah kepemilikan barang koleksi seperti medali, yang dikenal sebagai asalnya, kondisinya memainkan peran penting dalam harganya, kata pakar lelang.

Tidak semua medali Olimpiade diukir dengan nama olahraga dan atlet pemenangnya, yang menurut juru lelang dapat mengurangi nilainya jika tidak jelas.

Di Tokyo, medali emas yang dimenangkan oleh para atlet mengandung lebih banyak perak daripada emas sebenarnya, yang membentuk sekitar 6 gram dari total berat 556 gram, menurut Komite Olimpiade Internasional .

Itu berarti sekitar US$800 (sekitar Rp11 juta) emas dan perak dalam medali itu, Philip Newman, mitra pendiri dan direktur pelaksana Metals Focus, sebuah perusahaan riset yang berbasis di London, mengatakan.

“Jika Anda menang, saya pikir nilainya mungkin tidak relevan,” kata Newman. “Saya akan terkejut jika ada yang mengira itu emas murni.”

Medali perak yang diberikan di Olimpiade Tokyo terbuat dari perak murni dan beratnya 550 gram, yang berarti sekitar US$450 (Rp6 juta), menurut Newman, yang mengatakan bahwa medali perunggu akan bernilai jauh lebih rendah. Mereka mengandung kuningan merah, yaitu 95 persen tembaga dan 5 persen seng.

Setiap medali dilengkapi dengan kotak kayu dan menampilkan lima cincin Olimpiade, nama resmi pertandingan dan Nike, dewi kemenangan Yunani di atasnya, merupakan persyaratan IOC.

Sumber : Bisnis

Bayu

Epidemiolog WHO Sebut Pandemi Belum Segera Berakhir

Previous article

Ronald Koeman Tetap Bersemangat Tanpa Messi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sport