News

Saran Epidemiolog untuk PPKM Pulau Jawa Bali

0
DIY PPKM Level 3
PPKM Darurat FOTO : Humas Polda DIY

STARJOGJA.COM, Info – Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2-4 di Pulau Jawa dan Bali akan kembali berakhir Senin (23/8/2021) hari ini. Namun, akankah PPKM di dalam maupun luar Jawa-Bali ini dihentikan karena jumlah kasus harian Covid-19 sudah turun dari puncaknya usai Lebaran? Para pakar menilai bahwa gelombang serangan varian Delta Covid-19 ini belum berakhir dari masa krisis.

Masa depan dari kurva Covid-19 ditentukan oleh pola hidup, perilaku protokol kesehatan dan aksi intervensi manusia. Epidemiolog, Dicky Budiman menuturkan bahwa PPKM Jawa Bali dan Luar Jawa Bali mampu mencegah skenario terburuk, meskipun belum dapat merubah.

“Banyak kasus yang tidak terdeteksi. Setidaknya minimal 50.000 kasus bahkan lebih tidak terdeteksi. Kasus-kasus yang tidak terdeteksi ini akan terus menjadi penyebar atau penyebab terjadinya cluster lain dan penyebaran varian Delta ini di mana-mana,” ungkapnya kepada Bisnis.com, Senin (23/08/2021).

Baca Juga : Epidemiolog Sebut PPKM Level 4 Jawa Bali Bisa Turun ke Level 3

Dicky menambahkan, bahwa PPKM ini juga merupakan upaya dalam memperlambat penyebaran virus. Meskipun dia (PPKM) belum dapat menghentikan penyebarannya. Dia mengatakan bahwa masih ada sekitar 80 persen kasus positif aktif yang belum terdeteksi.

Maka dari itu, PPKM ini ampuh mempersempit gerak ruang dari Covid-19, mengingat mayoritas penduduk Indonesia ini termasuk di Jawa-Bali masih rawan.

“Data selama PPKM menunjukkan case fatality rate kita meningkat 4,14% angka kematian. Bahkan di tengah respon di kapasitas 3T (testing massif, tracing kontak erat, dan treatment bagi yang terkonfirmasi positif) yang menurun,” tutur Dicky.

Adanya pelonggaran yang tidak terukur dan berlebihan, tidak didasarkan pada data epidemologi setempat, akan membuat potensi lonjakan baru lagi.

“Kalau melihat performa, lihatlah angka kematian selain tes positivity rate, dua-duanya ini menunjukkan belum bisa bernapas lega. Kita belum bisa melakukan pelonggaran lagi!”ungkap Dicky.

Menurutnya, pelonggaran dapat dilakukan namun setidaknya satu level di bawah. Itu pun harus terukur.

“Kalau misalkan di satu sektor satu aspek, pelonggarannya 50%, ya semuanya 50%. Jangan di sini 50%, di sana 70%. Itu tidak koheren, tidak akan saling menunjang. Ini yang berbahaya.”

Dia mengharapkan agar pemerintah masih melanjutkan PPKM Jawa Bali dan Luar Jawa, serta serius melakukan tracing. Epidemiolog ini berharap agar pemerintah jangan melakukan negosiasi dalam mengatasii Covid-19, sebab kasus ini bisa saja menciptakan puncak baru lagi.

“PPKM akan terus berlanjut, karena levelnya menurun. Tapi harus dituntaskan, dibereskan atau ditegaskan dulu performa indikatornya supaya tidak berubah-ubah, supaya tidak ada negosiasi-negosiasi,” tutupnya.

Sumber : Bisnis

Bayu

Bahan Penyerap Karya Mahasiswa UGM dari Limbah Pelepah Pisang

Previous article

MUI Minta Youtuber Muhammad Kece Ditangkap

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News