News

BI Dukung SIAP QRIS di Mall

0
FOTO : Aldi

STARJOGJA.COM, JOGJA – BI Dukung SIAP QRIS di Mall. Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY (BI DIY), PT. Bank Mandiri DIY dan Jogja City Mall melakukan Launching Program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS (SIAP QRIS). Kegiatan dilakukan bersamaan dengan pembukaan BUMN/BUMD Expo 2021, dimana BI DIY memfasilitasi 24 UMKM DIY untuk menampilkan produknya dari tanggal 11 – 14 November 2021.

Andi Adityaning Palupi, Assisten Direktur Kantor Perwakilan Bank IndonesiaDaerah Istimewa Yogyakarta menjelaskan Program SIAP QRIS akan dilaksanakan serentak di bulan November dan Desember 2021, di 86 mall di 34 Provinsi, yang dilakukan secara bertahap, terdiri dari; 45 mall untuk prioritas kesatu dan 41 mall di prioritas kedua. Untuk DIY, mall yang ditunjuk menjadi piloting QRIS adalah Jogja City Mall.

” Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan bertransaksi di masyarakat. Secara nasional transaksi digital banking sampai dengan triwulan III 2021 mengalami peningkatan yang siginifikan sebesar 46,72% (yoy) menjadi Rp28.685,48 triliun, dan diproyeksikan tumbuh 43,04% (yoy) mencapai Rp39.130 triliun untuk keseluruhan tahun 2021,” terangnya.

Program SIAP QRIS digelorakan di seluruh Indonesia untuk mendukung protokol kesehatan, efisiensi, praktis, dan higienis bertransaksi, serta memberikan kepercayaan masyarakat untuk kembali mengunjungi pusat perbelanjaan sehingga mendukung pemulihan ekonomi nasional.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan kanal pembayaran nirsentuh yang dapat mengakomodasi transaksi pembayaran non tunai untuk semua aplikasi pembayaran seperti mobile payment atau mobile banking. Transaksi QRIS dilakukan dengan CeMuMuaH (Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Handal) serta mendukung protokol kesehatan.

” Saat ini QRIS menjadi menjadi game changer baik dari sisi ekonomi, sosial keagamaan maupun kesehatan. Sebagai tambahan informasi, target 12 Juta merchant QRIS oleh Bank Indonesia selama tahun 2021 juga telah tercapai pada 1 November kemarin. Jumlah merchant QRIS tersebut meningkat signifikan dibandingkan akhir tahun 2020 sebesar 5,8 juta merchant,” jelasnya.

Sementara, di DIY tercapai akuisisi 317 ribu merchant QRIS atau meningkat sebesar 111% (yoy) dibandingkan Desember 2020. Untuk nilai transaksi QRIS di DIY, hingga posisi September 2021, telah mencatatkan transaksi sebesar Rp 200 milyar.

Sebelumnya, pada 17 Agustus 2021 Bank Indonesia sudah melakukan Launching Piloting QRIS antar negara dengan Bank of Thailand dalam menyelenggarakan QRIS Cross Border.

Ke depan, Bank Indonesia akan menjajaki negara Malaysia, Singapura, Korea Selatan dan Arab Saudi untuk bekerjasama dalam mengembangkan QRIS sehingga dapat dipakai lintas negara.

Film Alang-Alang, Cerita di Pelelangan Ikan Terbesar di Indonesia

Previous article

Tambah 7 Ribu, Kasus Covid-19 Thailand Mencapai 2 Juta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News