News

Dua Tahun Indonesia Dilanda Pandemi Covid-19

0
film Sleep Call
Warga Brasil menonton film dari dalam mobil mereka di stadion sepak bola Palmeiras, Sao Paulo, Brasil, yang diubah menjadi bioskop drive-in di tengah pandemi Covid-19, Kamis, 25 Juni 2020. (AP Photo / Andre Penner)

STARJOGJA.COM, Info – Tepat dua tahun Indonesia dilanda Pandemi Covid-19 setelah kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020 lalu. Sejumlah kebijakan pun telah dikeluarkan pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (Satgas IDI) Zubairi Djoerban mengatakan pengalaman selama dua tahun ini telah membuka mata bahwa ada kebijakan yang efektif dalam mengendalikan pandemi.

“Tepat dua tahun pandemi di Indonesia dan membuka mata kita bahwa ada sejumlah kebijakan yang efektif terhadap pandemi kontrol perbatasan, mobilitas manusia dibatasi, tes dan penelusuran diperbanyak, serta vaksinasi. Bismillah kita bisa melewati semua ini untuk menuju endemi,” kata Zubairi dikutip dari akun Twitternya, Rabu (2/3/2022).

Baca juga : Dua Kunci Utama Menghadapi Pandemi Covid-19 Varian Omicron

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) saat itu, Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020. Saat itu, dua WNI terkonfirmasi terinfeksi Covid-19 usai berinteraksi dengan warga negara Jepang.

Kedua WNI itu kemudian menjalani perawatan di ruang isolasi RSPI Dr Sulianti Saroso, Jakarta. Selama dua tahun pandemi, Covid-19 telah bermutasi menjadi sejumlah varian baru yang menyebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Beberapa varian Covid-19 yang ditemukan di Indonesia antara lain adalah Alpha (B.1.1.7), Beta (B.1.351), Delta (B.1.617.2) dan Omicron (B.1.1.529).

Sementara itu, berdasarkan data terkini Kementerian Kesehatan, total kasus Covid-19 nasional per 1 Maret 2022 5.589.176, sedangkan kasus sembuh totalnya mencapai 4.901.302 dan kasus kematian akibat Covid-19 mencapai 148.660.

Sumber : Bisnis

6 Duta Besar Beri Surat Kepercayaan ke Jokowi

Previous article

Pakar UGM Sebut Kebijakan JHT Tidak Berbasis Data Kuat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News