Kab SlemanNews

Ini Saran BIN untuk Kasus Babarsari

0
kerusuhan Babarsari
Harian Jogja/Gigih M Hanafi Petugas mendokumentasi kendaraan yang dibakar oleh massa usai terjadi kerusuhan di Kawasan Ruko Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, Senin (14/7/2022). Sejumlah ruko serta beberapa unit kendaraan roda dua dibakar dua kelompok massa yang terlibat kerusuhan.

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Ini Saran BIN untuk Kasus Babarsari. Badan Intelijen Negara (BIN) DIY mengatakan pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah penyelesaian kasus kerusuhan di Babarsari dan Seturan, Sleman, Senin (4/7/2022).

Bentrok antara dua kelompok di Babarsari menghancurkan sejumlah bangunan dan properti milik warga. Kepala BIN DIY Brigjen Pol. Andry Wibowo mengatakan terdapat beberapa langkah untuk menangani masalah tersebut.

Pertama, mitigasi kesehatan bagi korban dengan memberikan pengobatan maksimal, termasuk korban yang mengalami luka fatal.

“Kedua, pemulihan dari kerusakan baik kerusakan material maupun kerusakan ekomoni. Kerugian itu akan dikover agar tidak ada pihak yang dirugikan,” kata dia.

Ketiga, penegakan hukum dan pencegahan potensi konflik serupa di masa selanjutnya. “Yang melanggar hukum akan ditindak,” ujar dia

Terakhir, perlu integrasi sosial dan rekonsiliasi dari pihak-pihak yang bertikai.

“Tenangkan diri dulu, setidaknya H+7 nanti sudah terjadi rekonsiliasi antarpihak-pihak yang bertikai,” katanya.

Sekda Sleman Harda Kiswaya mengatakan berdasarkan hasil pertemuan dengan sejumlah pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa tersebut, ada sejumlah langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah.

“Langkah pertama yang dilakukan adalah mitigasi kesehatan terhadap pihak-pihak yang menjadi korban peristiwa tersebut. Mereka yang terluka akan tetap dirawat dengan baik,” katanya.

Pemkab Sleman juga akan melakukan mitigasi lingkungan untuk menghilangkan trauma dengan cara memperbaiki kembali properti yang rusak. Langkah tersebut bertujuan untuk menghidupkan roda perekonomian di wilayah Babarsari dan Seturan.

“Kami akan segera melakukan pertemuan dengan para pemilik properti yang rusak,” katanya.

SUMBER : Harian Jogja

Implementasi Kurikulum Merdeka Diterapkan di Tahun Ajaran Baru

Previous article

12 penyandang disabilitas ikuti seleksi CBT-UM UGM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman