News

Kirab 1000 Santri, Peringatan Hari Santri Nasional 2022

0
Kirab 1000 Santri
Kirab 1000 Santri Yogyakarta (Foto : Humas Kirab 1000 Santri)

STARJOGJA.COM – Kirab 1000 Santri adalah rangkaian peringatan hari santri yang terselenggarakan oleh PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Kota Yogyakarta. Peringatan Hari Santri Nasional berlangsung pada hari Minggu tanggal 6 November 2022 dan bermula dari Kirab 1000 Santri.

Kirab Santri di berangkatkan langsung oleh Rais Syuriah PCNU Kota Yogyakarta. H. Sholehudin Mansyur, S.Ag., M.Ag. dengan start dari Halaman Kantor DPRD DIY dan finishnya di Monumen Serangan Umum 1 Maret atau Nol KM.

“Peringatan hari santri adalah sebuah upaya untuk memberikan kesadaran kepada Bangsa Indonesia pada umumnya dan kepada santri khususnya bahwa santri memiliki peran sejarah yang luar biasa di negeri ini. santri telah memiliki kontribusi besar bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia mulai dari negeri ini masih menjadi embrio hingga menjadi negara berdaulat saat ini”,jelas Yazid Afandi selaku Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Yogyakarta.

Peran Santri

Solihul Hadi, SH., M.Kn. selaku ketua Panitia Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 menyampaikan. Kirab 1000 Santri ini adalah bagian dari curahan rindu yang menggunung dan merupakan sikap heroik para santri di kota yogyakarta.

“Kemajuan teknologi dan informasi yang massiv membuat banyak generasi muda mengalami degradasi moral sehingga mudah terpengaruh oleh faham-faham radikalisme. Oleh sebab itu, penguatan kebangsaan melalui Kirab Santri harus terus berlanjut. Hal ini karena dapat menumbuhkan jiwa Nasionalisme dan rasa cinta pada Yogyakarta,”tuturnya.

Yazid Afandi menegaskan bahwa santri tidak hanya tentang agama, tetapi santri milik seluruh elemen masyarakat yang harus merawat kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Kita semua, (Santri) mesti mensuriteladani itu dan menjadi ruh dalam berbangsa dan bernegara. hal ini ada dalam menjaga keutuhan NKRI sampai kapanpun,” kata Yazid.

Baca Juga : Atur Keluarga Berencana Dengan KB Kekinian

Gus Hilmy berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi momentum bagi siapa saja untuk mengeksiskan kembali santri di kota Yogyakarta.

“Bukti bahwa kita betul betul ada melalui prestasi kita di bidang pendidikan, sosial budaya dan seterusnya,” tandas Gus Hilmy.

Vingky Kurnia selaku Humas Panitia Kirab 1000 Santri menyampaikan bahwa Kirab Santri ini juga dimeriahkan oleh berbagai penampilan. Beberapa penampilan tersebut pagar nusa, drum band dan kelompok barongsai BANSER Kota Yogyakarta. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Anggota DPD RI Gus Hilmy, Pengurus Cabang NU dan Badan Otonom NU Kota Yogyakarta, dll. (Maylin Angelica)

Sumber : Humas Panitia Kirab 1000 Santri

 

 

Bincang Spesial, Mewujudkan Aspek Pertanahan Dan Tata Ruang Yang Berkualitas Dan Tangguh Bersama Dinas Pertanahan Dan Tata Ruang Kabupaten Sleman

Previous article

Pelibatkan BUMN dan Perusahaan Swasta Dalam Penyelenggaraan Angkutan Jalan Perintis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News