JogjaKUKota JogjaNews

DPRD Dorong Pemkot Jogja Terus Tingkatkan Kesejahteraan Guru

0
kesejahteraan guru
FOTO : Boby Visca

STARJOGJA.COM, JOGJA – DPRD Dorong Pemkot Yogyakarta untuk meningkatkan Pemanfaatan anggaran APBD untuk sektor pendidikan, tak terkecuali untuk peningkatan kesejahteraan guru.

Anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta Ahmad Mufaris yang akrab dipanggil Andis menyebutkan dewan berkomitmen untuk mendukung kenaikan anggaran untuk pos pendidikan. Ini merupakan dukungan kepada komitmen Pemerintah kota Yogyakarta untuk meningkatkan sistem pendidikan lebih baik lagi disertai kualitas pendidikan dan kesempatan belajar bagi warga Kota Yogyakarta.

” Yogyakarta sudah anggarkan 24 persen untuk dunia pendidikan. Memang dari angka tunjangannya masih jauh dari ideal.Tapi, tunjangan kesejahteraan guru honorer masih cukup baik dibandingkan dengan wilayah lain,” jelasnya saat mengudara di Star FM , Jumat ( 25/11).

Ia mendorong adanya peningkatan kesejahteraan bagi para tenaga pendidik tiap tahunnya. Ini penting untuk menjaga agar kesejahteraan mereka merata. Dengan kondisi itu maka mereka bisa fokus untuk memberikan pendidikan bagi peserta didik tanpa harus disibukkan dengan kegiatan mencari tambahan penghasilan di luar jam mengajar.

” Guru PAUD juga mendapatkan porsi jaminan kesejahteraan. Ini harus diberikan karena selama ini banyak diantara mereka ini bekerja sosial, padahal mereka ini adalah garda depan untuk pendidikan usia dini,” lanjutnya.

Andis menekankan pendidikan karakter harus diperkuat melalui pengembangan kearifan lokal yang ada.Muatan lokal tidak hanya berhenti pada pendidikan di sekolah tapi lewat penerapan sehari-hari.

” Bahasa jawa itu punya banyak pembelajaran yang relevan bagi kehidupan sekarang agar anak-anak kita ini tidak kehilangan jati dirinya. Pemkot harus berani ambil kebijakan untuk menerapkan bahasa Jawa di dalam kehidupan sehari-hari. Misal ada satu hari khusus untuk menggunakan bahasa Jawa pada layanan pemerintahan,” harapnya.

Di momentum Hari Guru 25 November 2022, Andi menekankan guru punya peran penting untuk menjaga marwah kota Jogja sebagai kota pendidikan Ia berharap para guru bisa memberikan pendidikan dan pembelajaran sesuai hati nuraninya.

” Anda adalah tauladan bagi kita. Kita apresiasi kerja kerasnya untuk mempertahankan kualitas pendidikan. Jadilah pengajar yang dicintai siswanya. Jadikan siswa itu sebagai anak sendiri agar mereka tumbuh menjadi generasi cerdas dan berakhlak,” tutupnya.

Pakar UGM Jelaskan Gempa Cianjur dengan Guncangan Besar

Previous article

Pemilih Pemula Bantul Diajak Jadi pemilih Berintegritas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU