Lifestyle

Star Lovers, Ini Cara Mengatur Keuangan di Akhir Tahun

0
cara mengatur keuangan

STARJOGJA.COM, Menjalankan sebuah rencana keuangan pada kenyataannya tidak semudah ketika Anda berangan-angan seperti saat menyusunnya. Namun, jika Anda mengikuti dengan baik dari prosedur yang telah direncanakan untuk sebuah target pencapaian yang lebih, bisa jadi dengan penghasilan yang minim sekalipun Anda masih dapat tercukupi bahkan mempunyai tabungan lebih.

Bagaimana caranya? Perhatikanlah bagaimana cara mengatur keuangan yang baik berikut ini:

Membuat perencanaan 1 dalam bulan pertama

Bingung tentang langkah awal cara mengatur keuangan di akhir tahun? Yang perlu Anda persiapkan untuk menyambut tahun yang akan datang yaitu dengan membuat es-timasi pengeluaran pada bulan yang akan datang. Seperti uang makan, uang cicilan kendaraan yang dibayar setiap bulan, tabungan pernikahan, tabungan berlibur, dan mungkin beberapa rencana untuk membeli barang baru.

Untuk itu agar keuangan Anda masih sehat sampai pada akhir tanggal, sebaiknya Anda memperkirakan jumlah uang yang akan dikeluarkan dari hasil pendapatan yang Anda peroleh tidak menghasilkan nilai minus.

Utamakan membayar cicilan atau utang bulanan

Jika Anda mempunyai tanggungan utang cicilan dari tahun sebelumnya yang belum lunas, maka Anda harus memprioritaskan pembayaran ini di urutan yang paling terdepan. Bisa jadi jika Anda menunda pembayaran rutin bulanan, nanti akan membengkak dan menghasilkan laba atau bunga yang cukup besar.

Semakin Anda terbiasa dengan kebiasaan buruk tersebut, bisa jadi akan muncul sifat meremehkannya. Itu juga sangat berbahaya bagi kesehatan keuangan dan aset yang Anda miliki saat ini untuk masa depan keluarga. Biasanya, ini menjadi masalah utama saat Anda sudah mempersiapkan cara mengatur keuangan menjadi berantakan.

Baca juga: Tips Staycation Aman Bersama Anak

Lunasi utang sebelum membuat utang baru

Kebanyakan orang sekarang tidak sabaran untuk mempunyai barang baru, memang untuk mempunyai sebuah barang baru pada saat ini tidak harus membeli secara kontan alias dapat berhutang dengan mencicilnya setiap bulan.

Sebaiknya jika Anda ingin mempunyai sebuah produk/ barang yang baru dengan harga yang cukup mahal namun dapat di cicil, berusahalah untuk menunda keinginan itu terlebih dahulu. Karena, dengan semakin banyak cicilan yang Anda buat semakin banyak biasa pengeluaran Anda setiap bulannya dan itu akan semakin buruk.

Membeli barang sesuai dengan kebutuhan

Memang kita sering membeli barang tanpa kita sadari itu hanya keinginan sementara, kebiasaan buruk tersebut jika dibiarkan terus menerus akan merusak pengeluaran uang yang sudah Anda rencanakan sebelumnya.

Dengan kejadian tersebut kemungkinan mendapatkan hasil yang mengecewakan akan besar, dan yang lebih parah lagi keuangan Anda tidak mencukupi sampai di akhir tanggal bulan, yang mengakibatkan Anda akan mencari pinjaman uang untuk menutupinya.

Utamakan menabung

Seberapapun besarnya gaji Anda, prioritaskan untuk selalu menabung sekias persen di dalam rekening yang berbeda. Suka ataupun tidak, inilah yang diajakarkan oleh orang tua di Tionghoa untuk semua anaknya agar selalu disiplin menabung meskipun uang yang diterima tidak terlalu besar.

Menabung mungkin terasa sulit jika belum terbiasa, namun dengan hasil tabungan yang Anda peroleh, nantinya dapat digunakan untuk keperluan mendesak, salah satunya contoh yaitu saat keadaan kondisi Anda jatuh sakit, maka diperlukan biasanya untuk membeli obat, atau bahkan jika kendaraan Anda tiba-tiba rusak.

Liburan berkualitas dengan hemat biaya

Bagi Anda yang sering meluangkan waktu untuk berlibur di akhir pekan dari kepenatan rutinitas pekerjaan kantor, maka sebaiknya Anda berlibur pada tempat yang tidak terlalu jauh atau yang mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Untuk itu perencanaan kegiatan harus dilakukan, semisal jika untuk hari libur pendek biasa Anda dapat berlibur ke tempat area terbuka seperti alun-laun/ taman yang tidak dipungut biaya, dengan demikian Anda dapat berlibur sekaligus ber-olah raga.

Namun jika Anda menginginkan perjalanan jauh dan membutuhkan pengeluaran yang yang cukup besar, maka Anda dapat menentukan jadwal kegiatan terlebih dahulu agar dapat menabung dari awal sebelum keberangkatan.

Mengikuti program asuransi

Memiliki asuransi yang tepat memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, terutama pada asuransi jiwa. Contohnya seperti asuransi BPJS yang dikelola oleh pemerintah, dengan program jaminan kesehatannya masyarakat/ pekerja.

Dengan Anda mengikuti progaram pembayaran asuransi secara rutin, maka jika Anda secara tiba-tiba jatuh sakit dan harus di rawat inap di rumah sakit, maka asuransi ini dapat menolong Anda dari pembayaran biaya pengobatan dan penginapan yang akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah, alias Anda tidak mengeluarkan biaya sedikitpun.

Mempunyai penghasilan tambahan

Jika Anda seorang pekerja kantoran, maka gaji yang Anda peroleh akan begitu gitu terus dan tetap begitu, sedangkan kebutuhan hidup sekarang semakin tinggi biayanya. Untuk itu, sebagai orang yang mempunyai penghasilan tetap namun minim sebaiknya Anda mencoba hal baru.

Pertama, Anda dapat melakukan investasi usaha kecil kecilan, mulai dari berinvestasi ke teman atau sahabat terdekat yang dapat Anda percaya. Kedua adalah mencoba melakukan bisnis online.

Memang seorang yang sudah bekerja di perusahaan memang akan mendapati peraturan tidak boleh mempunyai pekerjaan sampingan, namun Anda bisa mencoba dengan bisnis online, salah satunya berjualan secara online, dengan sistem online Anda akan dapat lebih hemat waktu dan tempat. Yang pastinya dapat bekerja waktu hari libur kerja.

Sumber : Glints

Jokowi Mau Hentikan PPKM, Tunggu Kajian Dulu

Previous article

Insentif Kendaraan listrik Harus Tepat Sasaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle