News

Seorang Anak di Sleman diduga Keracunan Cikibul

0
keracunan cikibul
Ilustrasi Anak Sekolah

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Seorang Anak di Sleman diduga Keracunan Cikibul. Atas kejadian ini, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengingatkan para orang tua untuk mengawasi makanan atau jajanan yang dikonsumsi anak-anaknya.

“Saya minta bapak dan ibu agar mengawasi jajanan yang dibeli putra-putrinya. Jangan sampai ini luput dari perhatian kita sebagai orang tua,” kata Kustini, Jumat.

Sebelumnya, Pemkab Sleman telah menemukan satu kasus keracunan di Kelurahan Tegaltirto, Kapanewon Berbah pada Senin (9/1).

Seorang anak perempuan berusia tujuh tahun mengalami demam, pusing dan muntah. Sebelumnya, ia membeli jajanan Cikbul pada acara kesenian di Berbah.

“Awalnya dikira masuk angin, tapi kemudian anak ini muntah berwarna kuning dan hijau. Karena orang tua khawatir lalu dibawa ke Puskesmas Berbah,” katanya.

Dia menjelaskan dari hasil pemeriksaan didapati jumlah leukosit sebanyak 14.000. Kemudian petugas kesehatan memberikan tindakan yang diperlukan.

“Kondisi anak tersebut kini membaik dan sudah dapat beraktivitas kembali. Kemarin juga dilakukan pemeriksaan kepada teman dan kakaknya, karena mereka juga mengonsumsi Cikbul, tetapi tidak ada gejala. Kondisi sang anak sekarang sudah baik dan bisa aktivitas lagi,” katanya.

Menindaklanjuti temuan kasus tersebut, Kustini meminta Dinas Kesehatan Sleman untuk melakukan sosialisasi tentang kewaspadaan dini bagi masyarakat, sekolah, dan pelaku usaha.

Ia juga meminta masyarakat segera melapor ke puskesmas terdekat apabila ada keluarga yang mengalami gejala mual, muntah, pusing, dan demam setelah mengonsumsi Cikbul.

“Kami minta kepada puskesmas dan fasilitas kesehatan lain untuk kesiapsiagaan dari dampak Cikbul ini. Kepada petugas kesehatan juga kami minta untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait makanan yang baik untuk dikonsumsi,” katanya.

Kustini mengatakan, saat ini Dinas Kesehatan Sleman bersama BPOM juga telah turun ke lapangan untuk melakukan monitoring penjaja makanan Cikbul.

“Beberapa hari ini sudah monitoring juga, diantaranya pasar malam di Lapangan Denggung dan Stadion Maguwoharjo. Tidak ditemukan pedagang Cikbul,” katanya.

Sumber : Antara

Taeyang BIGBANG Dan Jimin BTS Resmi Rilis Karya Kolaborasi

Previous article

Pemadaman Listrik Yogyakarta Sabtu 14 Januari 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News