News

Kantor Imigrasi Yogyakarta Sambut Puncak Peringatan HBI ke-73

0
Kantor Imigrasi Yogyakarta
Kantor Imigrasi Yogyakarta (imigrasi)

STARJOGJA.COM, Info – Tepat di hari ini tanggal 26 Januari 2023, Imigrasi Indonesia merayakan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) atau hari ulang tahunnya yang ke-73. Pegawai Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta memperingati HBI ke-73 dengan menggelar upacara di halaman kantor.

Tema yang diambil dalam Peringatan HBI ke-73 adalah “Imigrasi Baru, Untuk Indonesia Semakin Maju.” Sebagai inspektur upacara adalah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I. Yogyakarta, Agung Rektono Seto.

Dalam amanatnya Agung membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Agung menyampaikan bahwa Imigrasi telah berhasil melalui berbagai tantangan dan berhasil menjaga kedaulatan negara.

“Saya memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas berbagai capaian yang telah membawa Direktorat Jenderal Imigrasi menjadi lebih baik. Berbagai inovasi dan prestasi yang telah dihasilkan, baik berupa fasilitas pelayanan masyarakat, kegiatan penegakan hukum serta fasilitator pembangunan ekonomi telah memberikan dampak positif Direktorat Jenderal Imigrasi di mata masyarakat,” ucapnya.

Baca juga : Hari Bhakti ke-73, Kantor Imigrasi Yogyakarta Gelar Paspor Simpatik

Kemudian Agung menyampaikan pesan dari Menteri Hukum dan HAM agar jajaran Imigrasi   tetap patuh dan teguh dalam menjalankan fungsi yang diemban.

“Jadikanlah pekerjaan yang dijalani sebagai ibadah yang dapat dipertanggungjawabkan tidak hanya di depan pimpinan ataupun keluarga melainkan juga di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga bhakti yang menjadi ibadah akan tetap selalu terwujud dan sejalan dengan Sasanti di Bhumi Pura Wira Wibawa yang selalu digaungkan oleh Insan Imigrasi,” ucap Agung seraya mengakhiri sambutan.

Peringatan HBI setiap tanggal 26 Januari tentunya bukan tanpa alasan. Pada tanggal 26 Januari 1950 dinas imigrasi produk Hindia Belanda diserahterimakan kepada pemerintah Indonesia. Hal ini tentunya menjadi momen yang sangat bersejarah dan untuk pertama kalinya dipegang Kepala Jawatan Imigrasi dipegang oleh putra pribumi, yaitu Mr. H.J Adiwinata. Oleh karenanya untuk mengenang peristiwa bersejarah tersebut, setiap tanggal 26 Januari ditetapkan sebagai Hari Bhakti Imigrasi atau hari ulang tahun Imigrasi.

Setelah dilaksanakan Upacara, Kantor Imigrasi  Yogyakarta menggelar Penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Tahun 2023.

Penandatanganan ini dilakukan oleh pejabat struktural dan disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham D.I. Yogyakarta, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham D.I. Yogyakarta, serta Kepala Kantor Imigrasi Yogyakarta.

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 ditutup dengan syukuran dan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham D.I. Yogyakarta dan diberikan kepada Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham D.I. Yogyakarta, Muhammad Yani Firdaus. Pada syukuran ini juga Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham D.I. Yogyakarta menyerahkan  penghargaan pegawai teladan kepada Ngabid Nur Wahtisaban dan Wahyu Putra Pratama.

Ngabid sendiri adalah ASN Kantor Imigrasi Yogyakarta yang bertugas pada Seksi Izin Tinggal dan Status Keimigrasian, sedangkan Wahyu merupakan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

Bayu

Hari Bhakti Ke-73, Imigrasi Yogyakarta Terus Tingkatkan Pelayanan

Previous article

Kendaraan Listrik, Kearifan Lokal Bertransportasi Masyarakat Asmat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News