JogjaKU

Gelar Bakti Sosial Bersama Wartawan, Bupati Sleman Apresiasi Peran Media Dalam Pembangunan

0
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (Tengah berjilbab emas)

STARJOGJA.COM, Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sleman selenggarakan bakti sosial di pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Rabu (22/2/2023).

Bekerjasama dengan Paguyuban Wartawan Pemkab Sleman (PWPS), peringatan HPN 2023 Kabupaten Sleman kali ini diisi dengan bakti sosial terdiri dari donor darah bagi masyarakat umum dan pembagian sembako kepada 100 warga prasejahtera di wilayah Tridadi, Sleman. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga diserahkan tali asih kepada dua keluarga wartawan Sleman yang meninggal.

Bakti sosial ini digelar dengan maksud untuk memberikan kontribusi positif dan manfaat nyata  bagi masyarakat. Donor darah juga secara khusus ditujukan untuk membantu mencukupi kebutuhan darah PMI Sleman.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan sejumlah Pejabat OPD di lingkungan Pemkab Sleman. Di samping itu turut hadir sejumlah wartawan Sleman dari berbagai media.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh jajaran pers atas kerjasamanya selama ini dengan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Menurut Kustini, pers memiliki peran penting baik bagi masyarakat maupun bagi pemerintah. Ia menilai kedudukan pers sebagai jembatan yang menghubungkan informasi dari Pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya.

“Pers menjadi mitra pemerintah untuk menginformasikan berbagai kebijakan dan langkah strategis yang ditetapkan pemerintah,” jelas Kustini.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Kustini juga mendorong profesionalitas insan pers dalam menjalankan tugas yang sesuai dengan tema besar HPN 2023 yaitu ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat’.

“Jurnalis harus profesional, memenuhi kode etik jurnalistik dan memiliki independensi yang kuat dalam menjalankan profesinya. Terlebih tahun ini merupakan tahun politik. Jurnalis diuntut untuk netral.” Ujar Kustini.

Komitmen Perangi Hoax

Senada dengan hal tersebut, Ketua Panitia HPN 2023 Kabupaten Sleman, Subardi mengatakan bahwa dalam peringatan HPN 2023 ini, PWPS berkomitmen untuk memerangi hoax sebagai bentuk profesionalisme jurnalis. Menurutnya, selain merugikan masyarakat, berita hoax juga merugikan media massa.

“Wartawan Sleman siap berkarya yang bermanfaat bagi masyarakat dengan merdeka menyajikan berbagai berita yang bersifat informatif, promotif dan edukatif, sehingga berita yang ditulis wartawan sleman bisa memberi manfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Di samping itu, dalam penyelenggaraan kegiatan peringatan HPN 2023 ini, diserahkan juga berbagai doorprize bagi peserta donor darah. Adapun doorprize yang disediakan yaitu sepeda, dispenser, ricecooker dan kipas angin serta disediakan sejumlah voucher menginap di hotel. Seluruh hadiah diberika melalui pengundian yang dilakukan oleh Bupati Sleman, Wakil Bupati Sleman, Sekretaris Daerah Sleman dan sejumlah perwakilan BUMD Sleman.

Baca juga : Kenali Upacara Ganti Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Pakualaman

 

PLN : Ada Pemadaman Listrik DIY Kamis, 23 Februari 2023

Previous article

Pecinta Kucing? Ini Pentingnya Rutin Periksakan Kesehatan Kucing Ke Dokter Hewan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU