Lifestyle

Gorengan Untuk Menu Buka Puasa? Ini Kata Pakar UGM

0
lumpia samijaya
Contoh menu gorengan (m.guideku.com)

STARJOGJA.COM, Gorengan menjadi menu favorit bagi sebagian besar orang sebagai santapan berbuka puasa. Namun Dietisien FKKMK UGM, Tony Arjuna, S.Gz., M.Nut.Diet., AN., APD., tidak menyarankan gorengan dikonsumsi sebagai menu buka puasa.

“Gorengan sangat tidak direkomendasikan untuk berbuka karena komposisinay dominan karbohidrat dan lemak tidak sehat,”ungkapnya, Senin (27/3/2023).

Tony menyebutkan proses pengolahan gorengan biasanya menggunakan minyak yang telah dipakai secra berulang-ulang. Kondisi tersebut menjadikan minyak sebagai sumber kolesterol yang sebenarnya tidak ideal untuk digunakan.

“Kan jarang yang ada gorengan yang 1-2 kali pakai ganti minyaknya. Kebanyakan minyak yang digunakan itu sudah dipakaiberkali-kali dan jadi model sumber kolesterol,”paparnya.

Selain mengandung lemak tidak sehat, Tony menjelaskan gorengan juga tersusun dar karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini sifatnya cepat dibakar dan dicerna oleh tubuh. Kondisi tersebut menjadikan kadar gula darah dalam tubuh menjadi cepat turun sehingga membuat cepat merasa lapar.

“Berbuka dengan yang manis sebenarnya juga tidak terlalu ideal karena karena cepat menaikan gula darah dan turunnya juga cepat sehingga mudah merasa lapar kembali,”jelasnya.

Karbohidrat kompleks

Ia merekomendasikan menu berbuka puasa dengan mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks. Karena karbohodrat kompleks yang lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga kenyang lebih lama dan tidak cepat merasa lapar. Ia mencontohkan jenis karbohidrat kompleks yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa dalah buah-buahan.

“Kalau makan besar baiknya yang dikonsumsi yang dominan proteinnya karena pengolahan dalam tubuh lebih pelan dan menaikkan gula darah dalam tubuh secara perlahan,”tuturnya.

Sumber : Humas UGM

Baca juga :Benarkah Oralit Bantu Cegah Haus Saat Puasa  

Stok Darah PMI DIY, Senin 27 Maret 2023

Previous article

Film Sarat Humor, Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle