Lifestyle

Puasa Tanpa Masalah Kulit, Ini Tips Perawatan Agar Kulit tetap terhidrasi

0
perawatan kulit malam hari
Ilustrasi masalah kulit wajah (Foto : Freepik)

STARJOGJA.COM, Menjalankan ibadah puasa bisa rawan mengalami masalah kulit seperti kulit kering karena kekurangan cairan tubuh. Dokter spesialis kulit dr Arini Widodo, SpKK mengungkapkan kulit yang dehidrasi selama bulan puasa dan perbedaan aktivitas yang lebih sedentary kadang mengubah kebutuhan skincare.

“Misal kulit menjadi lebih kering. Oleh karena itu, baik apabila meningkatkan hidrasi kulit dan mencocokkan skincare dengan rutinitas yang berbeda selama bulan puasa,” kata Arini.

Berikut lima jenis produk tersebut :

Pelembap

Pelembap wajah atau moisturizer juga wajib digunakan secara rutin untuk menjaga kelembaban kulit. Namun jangan lupa untuk menggunakan pelembab sesuai jenis kulit masing-masing.

Tabir surya

Sunscreen atau tabir surya akan melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Terlebih saat berpuasa, kulit pun akan lebih cepat dehidrasi jika terlalu lama terpapar terik matahari.

Pelembap bibir

Saat berpuasa, bukan hanya kelembaban kulit yang perlu diperhatikan tetapi juga kelembaban bibir. Biasanya, selama berpuasa akan mengakibatkan permukaan bibir menjadi mengelupas dan kering. Untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan pelembap bibir, lip balm, sangat dianjurkan.

Krim mata

Ketika bulan suci Ramadhan, krim mata atau eye cream juga merupakan salah satu produk kecantikan yang perlu digunakan. Hal ini bertujuan agar kulit di area mata pun tetap terjaga kelembapannya.

Pembersih wajah

Rajin menggunakan pembersih wajah, cleanser, juga perlu untuk dilakukan. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Di sisi lain Vice President Medical & Training ZAP dr. Dara Ayuningtyas mengimbau agar tidak terlalu sering mencuci muka.

“Cuci muka dua sampai tiga kali sehari saja. Karena ada beberapa tipe kulit. Semakin sering cuci muka sebenarnya semakin membuat kulit jadi kering. Bukan kalau kena air malah jadi terhidrasi. Itu nggak. Justru semakin kering apalagi menggunakan sabun pencuci wajah. Karena kadang dari komposisi sabun itu ada yang membuat kulit jadi kering,” kata Dara.

Sumber : Antara

Baca juga : Tips Meredakan Sakit Kepala Kala Berpuasa

 

Wah Ada Remake Film Moana Versi Live Action

Previous article

Chris Hemsworth Jalankan Misi Berbahaya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle