FeatureKota JogjaNews

Tolak Pungli di Momentum Lebaran 2023

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Tolak Pungli di Momentum Lebaran 2023. Satgas Saber Pungli DIY dibentuk untuk memerangi praktek pungli yang muncul di tengah masyarakat. Jika memang fakta dan buktinya kuat akan ditindak lanjuti oleh tim. Di momentum libur lebaran, masyarakat diajak untuk berani menolak praktek pungli.

Dr. Supriyanto, SH, MH, Aswas Kejati DIY mengatakan pembentukan Satgas Saber Pungli oleh Presiden Joko Widodo dapat bekerja dengan maksimal karena terdiri dari lintas instansi yang menaungi birokrasi dan pengawasan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

” Tim satgas saber pungli akan menjamin kerahasiaan identitas pelapor. Masyarakat harus berani menolak jika dikenai pungli ” tegasnya.

AKBP Abdul Wahid, S.Pd., M.M, Irbid 1 Itwasda Polda DIY menyampaikan Satgas ini memiliki empat fungsi yakni pencegahan,intelejen,penindakan dan yustisi. Ia juga mengatakan Parkir Liar Jadi Perhatian Tim Saber Pungli. Selama ini, Kasus pungutan liar (pungli) mendapat perhatian khusus lantaran masih ada laporan yang diterima.

” Pontensi pungli di momentum lebaran di sektor pariwisata ada di tiket masuk, parkir liar , kuliner atay tempat makan dan wisata kaget. pusat keramaian seperti di malioboro dan sekitarnya, mall. bandara,stasiun,terimal sentra parkir juga jadi titik perhatian kita. contoh parkir di kawasan lempuyangan dan parkir di kawasan pasar kembang,” jelasnya.

Sementara itu, Yono dari Binda DIY mengatakan area rawan pungli di bidang pariwisata ada di tempat pemungutan retribusi di obyek wisata. Ini terjadi dengan modus tiket retribusi masuk obyek wisata tidak sesuai perda dengan alasan musim liburan dan hari raya.

” Biaya parkir tidak wajar dan tidak sesuai perda. umumnya terjadi di lahan parkir yang berada di jalan umum atau lahan milik warga,” jelasnya.

Supriyanto pun meminta para pedagang dan tukang parkir untuk tidak nuthuk atau menaikkan harga seenaknya. Ia menyebut kenangan akan citra pariwisata Yogyakarta akan menjadi kurang baik di mata masyarakat jika terjadi praktik nuthuk

“Kenangan ini kalau modelnya nuthuk ya ini kenangannya buruk. Nah, itu menimbulkan citra pariwisata Yogya kurang baik. Jadikan wisata jogja itu aman nyaman dan berkesan selama lebaran ini,” himbaunya.

Berhasil Jalankan Transformasi Digital, Dirut PLN Dianugerahi The Most Reputable CEO in Digital Platform

Previous article

Tips Mendekor Rumah Subsidi yang Mungil

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature