Flash InfoNewsTechno

Cek komponen Mobil ini Usai digunakan mudik

0
cek komponen mobil

STARJOGJA.COM, INFO – Ada sejumlah komponen yang harus dicek agar mobil prima usai digunakan mudik.

Libur Lebaran telah usai, kini masyarakat sudah harus kembali beraktivitas seperti biasa. Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, ada baiknya melakukan pemeriksaan kembali, agar performa kendaraan bisa tetap prima.

Dikutip dari laman Auto2000, berikut beberapa komponen mobil yang sebaiknya kembali diperiksa untuk menjaga kondisi kendaraan tetap nyaman usai digunakan selama perjalanan mudik.

Pertama-tama, periksa kondisi ban mobil, karena perjalanan mudik dengan berbagai kondisi jalan yang ditemui serta muatan mobil yang maksimal membuat ban bekerja lebih ekstra.

Pastikan tidak ada kerusakan pada telapak ban, bersihkan kerikil yang menempel, dan perhatikan tanda keausan ban. Jika sudah tidak layak, segera ganti ban. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.

Kemudian, bersihkan kolong mobil dari kotoran dan periksa komponennya, termasuk shock absorber, karet penyangga, dan selang rem. Waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kampas rem cakram dan dinding tromol rem.

Pastikan juga oli mesin tidak kurang, dan tidak ada perubahan warna yang menandakan adanya masalah, seperti warna coklat susu yang menunjukkan pelumas tercampur air. Periksa pula kondisi minyak rem. Volume minyak rem tidak boleh berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya.

Pastikan air radiator penuh dan periksa apakah ada kebocoran pada selang dan rumah radiator. Selain itu, periksa juga cairan kendaraan lainnya, seperti minyak kopling, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, dan minyak power steering hidrolis. Pastikan volumenya tidak berkurang dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Selanjutnya, periksa indikator pada panel instrumen mobil. Cukup memutar kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen. Jika tidak ada masalah, lanjutkan dengan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdengar. Apabila ditemukan suara aneh, sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel.

Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan kabin mobil. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran. Keluarkan karpet dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong kabin untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.

Dengan melakukan pemeriksaan terhadap semua komponen tersebut, kendaraan akan tetap nyaman dan aman digunakan setelah perjalanan mudik.

Lakukan ini Agar Semangat Kerja setelah Libur Lebaran

Previous article

Tempe Baiknya Ditumis atau Direbus Agar Nutrisi Terjaga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info