Lifestyle

Cuaca Panas, Amankah Minum Air Es?

0
Cuaca Panas Pengen Minum Air Es

STARJOGJA.COM, Star Lovers merasakah cuaca panas yang dalam beberapa hari terakhir ini melanda Idonesia? Minum air es saat cuaca panas menjadi solusi sebagian orang untuk menyegarkan dahaga. Akan tetapi, hal tersebut ternyata tidak dianjurkan karena dapat memicu bahaya, lho.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Gastro-Hepatologi IDAI, Muzal Kadim, mengatakan bahwa meneguk minuman dingin di tengah cuaca terik justru tidak dianjurkan.

Alih-alih memilih minuman dingin untuk menyegarkan dahaga, lebih baik Bunda mengonsumsi air dengan suhu normal saat cuaca panas. Pasalnya, air dingin dikhawatirkan bisa memicu infeksi saluran akut.

“Jangan terlalu dingin, ditakutkan malam memicu infeksi saluran napas akut,” tuturnya, dikutip dari laman CNN Indonesia.

Ia juga mengingatkan kalangan masyarakat bahwa air panas juga tidak dianjurkan dikonsumsi.

Suhu tubuh susah turun

Sebab, apabila mengonsumsi air panas di tengah cuaca yang terik seperti saat ini, suhu tubuh seseorang akan susah turun. Hal ini bisa mengakibatkan Bunda tetap merasa kepanasan.

“Prinsipnya untuk mendinginkan suhu tubuh, makanya minum air dingin tapi tidak terlalu dingin. Jangan minum air hangat atau panas,” ujar Muzal.

Berbeda dengan pendapat Muzal, seorang dokter gizi di RSCM, Inge Permadhi, mengatakan bahwa minum air dingin saat cuaca panas tidak menimbulkan pengaruh yang berbahaya.

Hal ini karena air akan ditampung terlebih dahulu di lambung sebelum disalurkan ke seluruh bagian tubuh.

“Air ditampung dulu, setelah itu baru dialirkan pelan-pelan dan itu sudah disesuaikan dengan tubuh. Jadi, enggak ada pengaruh,” ujar Inge.

Kendati demikian, bagi sebagian orang konsumsi air es atau air dingin memang bisa memicu radang, batuk, dan masalah kesehatan lainnya. Inge mengatakan bahwa air es memang bisa memengaruhi saluran pencernaan dan saluran pernapasan.

Hal ini bisa terjadi karena ada rasa dingin yang merangsang paru-paru pada sebagian orang, yang pada akhirnya menyebabkan batuk. Terutama, jika air es tersebut diberi campuran pemanis atau sirup, Bunda.

Baca juga : Setelah Libur Lebaran, Ini Tips Memulihkan Stamina

Ratusan Seniman di Yogyakarta Peringati Hari Tari Dunia

Previous article

Episode Terakhir Serial Teluh Darah 

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle