Lifestyle

Waspadai! Ini Ciri Orang Toxic

0
Ciri Orang Toxic

STARJOGJA.COM, Orang toxic atau beracun sangat berbahaya dalam sebuah hubungan. Mereka bisa merusak hubungan dan merusak mental pasangan atau orang yang berhubungan dengannya.

Ada beragam macam orang toxic, berikut di antaranya yang paling berbahaya dan bagaimana sebaiknya Anda menanggapinya

Si Kritikus

Pernahkah Anda menjalin hubungan di mana Anda merasa dihakimi dan dikritik apa pun yang Anda lakukan?

Kritik berbeda dengan saran dan penting untuk memahami perbedaannya. Seorang kritikus dapat membawa banyak racun ke dalam suatu hubungan. Kritikus mungkin tidak pernah menghina Anda, tetapi mereka mungkin terus-menerus menghina keyakinan, penampilan, dan pikiran Anda, sering kali karena mereka memiliki harga diri yang rendah dan ingin memegang kendali.

Alih-alih mencoba memberikan saran untuk memperbaiki kebiasaan buruk Anda, mereka menemukan setiap alasan untuk mencaci kebiasaan ini dan menghalangi Anda sebagai pribadi. Kritikus mengkritik orangnya bukan perilakunya.

Penyerang pasif

Agresi pasif adalah ekspresi pasif dari kemarahan. Contoh umum termasuk berulang kali membuat Anda menunggu atau membuat Anda terlambat untuk membuat janji. Kita semua mengetahui orang-orang yang agresif-pasif.

Anda tidak pernah tahu pesan apa yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. Anda mungkin merasa bahwa Anda selalu berjalan di atas kulit telur saat berada di sekitar orang yang pasif-agresif. Penolakan perasaan, sarkasme, dan pujian yang tidak tepat adalah cara yang pasti untuk mengetahui bahwa seseorang pasif-agresif.

Bayangkan Anda melakukan sesuatu yang membuat pasangan Anda kesal, tetapi Anda tidak yakin persis apa itu. Anda bertanya mengapa dia marah sehingga Anda dapat mencegahnya membuat pasangan Anda kesal di masa mendatang.

Namun, pasangan Anda tidak akan memberi tahu Anda mengapa dia marah dan malah menjawab, “Saya baik-baik saja” atau “Saya tidak marah”, bahkan saat dia menarik diri dari Anda. Hal ini membuat otak Anda berputar-putar mencoba mencari tahu apa yang dipikirkan orang ini dan mengapa dia terus mengirim pesan tersembunyi.

Anda mungkin menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencoba membaca pikiran orang tersebut sambil menelusuri kembali setiap gerakan atau kata-kata Anda. Jika seseorang tidak dapat berkomunikasi dengan cara yang lugas, menggunakan sarkasme sebagai mekanisme pertahanan, mengirim pesan campuran, atau bertindak seolah tidak ada yang salah — terlepas dari menunjukkan emosi marah — Anda mungkin berurusan dengan individu yang pasif-agresif.

Orang narsis

Orang narsisis bertindak seolah-olah dia adalah anugerah Tuhan bagi alam semesta, mengetahui segalanya, adalah yang terbaik dalam segala hal — dan tidak takut untuk mengatakannya kepada Anda.

Tidak peduli seberapa pintar atau berpengalamannya Anda, Anda tidak akan pernah bisa sebanding dengan orang ini. Seperti agresivitas pasif, narsisme dianggap sebagai gangguan kepribadian dan beracun. Seorang narsisis menempatkan dirinya di atas tumpuan dan memandang rendah Anda. Anda mungkin merasa bersaing dengan orang ini dalam setiap situasi.

Orang narsisis sering kali tidak mau berkompromi, kurang wawasan dan empati, serta ingin menjadi pusat perhatian. Mereka dapat merusak acara-acara khusus, seperti ulang tahun Anda atau tonggak penting dalam karier profesional Anda, karena mereka selalu membutuhkan pujian, bahkan saat orang lain bersinar.

Seorang narsisis sebenarnya membenci dirinya sendiri. Orang narsisis memiliki kulit yang sangat tipis yang mudah tertusuk dan mudah terkelupas, yang melepaskan kemarahan dan kebencian karena harga diri mereka terpinggirkan. Narsisis rela menghancurkan segalanya dan semua orang di sekitar mereka saat mereka merasa terluka atau ditolak.

Menolak komunikasi

Stonewalling mengacu pada tindakan menolak komunikasi untuk menghindari masalah. Banyak orang mungkin pernah mendengar tentang stonewaller — seseorang yang menolak untuk terlibat dalam percakapan atau berbagi perasaan ketika masalah penting muncul. Ini sering membuat orang lain merasa tidak penting dan tidak layak untuk komunikasi yang jujur.

Orang yang menahan diri mungkin terlihat dingin dan menolak untuk mengakui bahwa ada masalah, tetapi penolakan untuk berkomunikasi menciptakan perasaan negatif dan penghalang yang mempersulit hubungan yang sukses lebih lanjut. Selain itu, hal itu dapat menyebabkan Anda memendam perasaan dendam dan rasa bersalah.

Jika Anda mencoba untuk berkomunikasi dengan seseorang yang Anda kenal baik dan dia menolak untuk jujur dan terbuka dengan Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali mengapa Anda berada dalam hubungan itu.

Kepribadian antisosial

Antisocial Personality Disorder (ASPD), sebagaimana didefinisikan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5), mencakup ciri-ciri sosiopati (diduga akibat kondisi sosial seperti pelecehan masa kanak-kanak dan ditandai dengan perilaku eksplosif dan terkadang kekerasan, tetapi masih dianggap memiliki kemampuan untuk berempati dan menyesal) dan psikopati (tidak merasa menyesal atau berempati, memanfaatkan orang lain secara legal, dan sering terlibat dalam penipuan atau kejahatan kerah putih lainnya dengan berbagai motivasi termasuk keserakahan dan balas dendam).

Kita semua memiliki kecenderungan untuk berbagai ciri kepribadian, yang mungkin menjadi alasan mengapa masyarakat umum dapat tergoda oleh orang-orang seperti itu — kita melihat diri kita sendiri, setidaknya sebagian, dalam perilaku ASPD. Kami juga memaafkan dan bahkan menyambut orang-orang dengan ASPD karena kami telah memaafkan dan menyambut diri kami sendiri — prinsip Yudeo-Kristen dan agama lainnya.

Namun, psikopat adalah bunglon psikologis yang bertindak bagian emosional yang diperlukan untuk memanipulasi setiap situasi dan interaksi demi uang, seks, kekuasaan, pemuasan ego, dll. Mereka seringkali sangat terampil sehingga korbannya tidak menyadari apa yang sedang terjadi. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : Libur Telah Usai, Ini Tips Agar Anak Kembali Semangat Sekolah

 

Menkeu Tetapkan Harga Tiket Masuk Kawasan Borobudur Highland

Previous article

Ketika Lagu Bungong Jeumpa Dalam Dress Batik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle