Lifestyle

Antisipasi Perceraian, Ini Cara Mempertahankan Hubungan Suami Istri

0
Menjaga keharmonisan
Ilustrasi pasangan suami istri

STARJOGJA.COM, Sejumlah berita yang menerpa hubungan rumah tangga para artis, menjadi sorotan terkait bagaimana cara mempertahankan hubungan suami istri. Hal ini agar terhindar dari isu tak sedap yang mengarah pada perceraian.

Dilansir dari Marriage dan Very Well Mind, berikut adalah tips untuk mempertahankan pernikahan dari perceraian:

Ubah apa yang perlu diubah

Ketika kata “perceraian” muncul, biasanya karena salah satu atau kedua anggota dari pasangan suami istri tersebut tidak senang dengan sesuatu. Oleh karena itu, keduanya perlu berdiskusi apa yang sekiranya salah dan perlu diubah agar membuat hubungan pernikahan menjadi lebih baik.

Tanya pada dirimu sendiri

Masalah tak hanya datang dari pasangan Anda saja, bisa jadi Anda berkontribusi dalam masalah rumah tangga Anda. untuk itu, coba tanya pada diri sendiri dan renungkan apa sekiranya yang menjadi sumber permasalahan.

Selesaikan satu masalah pada satu waktu

Jika ada masalah dalam rumah tangga, ada baiknya untuk diselesaikan pada satu waktu agar masalah tidak semakin melebar. Setelah masalah teridentifikasi dan kedua pasangan berusaha untuk mengekspresikan emosi mereka secara lebih efektif, carilah solusi bersama untuk mengatasinya

Ingatlah apa yang menyatukan Anda

Sebelum memutuskan untuk bercerai, pasangan dianjurkan untuk memikirkan mengapa Anda memilih untuk berkomitmen satu sama lain. Salah satu cara untuk menyelamatkan pernikahan dari perceraian adalah dengan mengingat kembali perasaan yang pernah menyatukan Anda. dengan begitu, keduanya akan merenungkan kembali keputusan untuk bercerai.

Ikuti konseling pernikahan hari ini

Jika Anda tidak bisa menyelesaikan masalah bersama dengan pasangan, Anda dapat memilih opsi untuk menghubungi konselor pernikahan. Seorang konselor pernikahan yang berpengalaman dapat membantu Anda berdua mencapai titik temu dan secara sistematis mengatasi masalah-masalah yang mendalam.

Sampaikan Ekspektasi Finansial

Banyak pernikahan yang penuh dengan perselisihan mengenai keuangan. Pasangan sering kali membawa ekspektasi yang berbeda mengenai uang dalam sebuah hubungan. Terlebih jika dalam rumah tangga sudah memiliki anak yang perlu dibiayai kedepannya.  Pastinya biaya sebelum dan sesudah memiliki anak itu berbeda karena ada hal yang perlu diprioritaskan.

Untuk itu, ada baiknya untuk terbuka terhadap situasi keuangan. Adapun kesepakatan terkait keuangan yang perlu didiskusikan  agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berkomitmen pada Hubungan Anda

Untuk mengatasi risiko pada hubungan Anda, putuskan terlebih dahulu bahwa perceraian bukanlah sebuah pilihan. Dalam sebuah hubungan, penting untuk menjaga komitmen bersama agar hubungan pernikahan tetap kuat daripada memikirkan seperti apa kehidupan di luar pernikahan Anda.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : Membeli Rumah di Masa Kini, Ini Caranya

L300 Angkutan Legendaris Tiada Duanya, Andalan Pengusaha Lintas Generasi

Previous article

Perawatan Gigi dengan Nano Kitosan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle