Lifestyle

Olahraga Pada Sore Hari Dan Manfaatnya Untuk Turunan Kadar Gula Darah

0
olahraga tidak seimbang

STARJOGJA.COM,  Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga dan menjaga gaya hidup sehat sangat direkomendasikan untuk mencegah penyakit diabetes seperti dilansir dari Medical Daily.

Sebuah riset menunjukkan bahwa melakukan olahraga pada waktu tertentu dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Peneliti dari Brigham and Women’s Hospital dan Joslin Diabetes Center menemukan bahwa berolahraga pada sore hari dapat membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Hasil riset tersebut dipublikasikan di Diabetes Care.

“Dalam riset ini kami menemukan bahwa orang dewasa penderita diabetes tipe 2 memiliki peningkatan terbaik dalam mengendalikan kadar glukosa ketika fisik mereka aktif pada sore hari,” kata peneliti dari Brigham bernama Jingyi Qian.

“Kami paham bahwa aktivitas fisik itu menguntungkan tetapi yang ingin riset kami tambahkan adalah pemahaman baru bahwa waktu aktivitas juga penting,” tambah Qian.

Tim peneliti menganalisis aktivitas fisik 2.400 partisipan pada tahun pertama dan keempat mereka. Aktivitas fisik partisipan direkam melalui alat perekam akselerometri yang terpasang pada pinggang mereka.

Penurunan kadar gula darah

Setelah percobaan selama satu tahun para peneliti menemukan bahwa penderita diabetes yang berolahraga pada sore memiliki penurunan kadar gula darah terbesar.

Ketika dibandingkan dengan data pada tahun keempat, kelompok penderita yang fisiknya aktif pada sore hari penurunan kadar gula dalam tubuh mereka tetap terjaga. Selain itu mereka juga memiliki kesempatan tertinggi untuk berhenti atau mengurangi perawatan diabetes.

“Waktu terlihat berpengaruh. Ke depannya kami mungkin akan memiliki data dan bukti eksperimen lebih banyak bagi penderita untuk memberikan rekomendasi lebih personal,” kata Roeland Middelbeek, peneliti dari Joslin Diabetes Center.

Hasil penelitian tersebut diambil dengan metode observasi sehingga diperlukan riset lebih lanjut untuk menjelaskan lebih dalam mengenai mekanisme bagaimana waktu tertentu dapat memengaruhi pengendalian kadar gula darah.Sumber : Antara

Baca juga : Perkuat Sinergi Untuk Pengamanan Instalasi dan Aset Ketenagalistrikan, PLN Tandatangani PKT dengan Polda Jawa Tengah 

Jadwal Pemadaman Listrik PLN DIY, Sabtu, 3 Juni 2023

Previous article

L300 Euro4, Enteng dan Kencang Libas Rute Ekstrem

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle