Lifestyle

Kulit Mudah Dehidrasi? Waspada Tanda Penuaan Dini

0
perawatan kulit malam hari
Ilustrasi masalah kulit wajah (Foto : Freepik)

STARJOGJA.COM, Kulit yang mudah dehidrasi bisa menjadi salah satu tanda penuaan dini pada kulit dan ini bisa terjadi saat seseorang mulai berusia 25 tahun. Hal ini diungkapkan pakar dermatologi dr Claudia Christin, MBBS, Ph.D.

“Para perempuan mungkin kerasa kalau dulu berminyak banget pas remaja. Tapi lama-lama usia 25 tahun, 30 tahun kulit jadi semakin cenderung kering, lebih gampang dehidrasi, kurang air dan itu memang tanda penuaan juga,” kata  dr Claudia.

Kulit yang dehidrasi biasanya ditandai dengan kulit terasa kering dan gatal, kusam, serta menjadi kurang elastis yang biasanya disebabkan tubuh kekurangan cairan.

Kondisi ini sebenarnya bukan satu-satunya tanda penuaan dini. Tanda penuaan dini kulit lainnya termasuk munculnya noda hitam akibat rusaknya respon melanin.

Menurut Claudia, kandungan retinol dapat mengatasi penuaan dini, namun penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan risiko iritasi.

Penelitian Portland State University (2020) menunjukkan bahwa penggunaan retinol yang berlebihan dan tidak tepat dapat menyebabkan iritasi seperti kulit memerah hingga pengelupasan kulit yang berlebihan.

Claudia lalu menuturkan, karena produk dengan retinol biasanya membutuhkan waktu penyesuaian dalam pemakaiannya dan harus disertai dengan penggunaan bersama tabir surya.

Penurunan elastisitas kulit

Berbicara lebih lanjut tentang kondisi kulit, dalam kesempatan itu, Product Group Manager Pond’s Essy Prita Cinta mengingatkan perempuan khususnya pada usia 25 tahun mengalami penurunan elastisitas kulit akibat pertambahan usia.

Faktor-faktor seperti polusi, paparan sinar UV dengan skala indeks di atas 5, kurangnya waktu tidur, nutrisi yang buruk, merokok dan stres mempercepat munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

Oleh karena itu, sambung dia, pada usia ini, perempuan membutuhkan perawatan kulit yang lebih intens serta efektif untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini dan masalah kulit lain.

Essy juga menuturkan pentingnya kaum hawa untuk melakukan perawatan kulit yang mengandung bahan aktif yang efektif mengatasi penuaan dini.

Berdasarkan Penelitian Journal of Drugs in Dermatology (2022) kandungan retinol telah dipercaya selama puluhan tahun sebagai bahan aktif yang dapat merangsang produksi kolagen yang berguna untuk mencegah penuaan dini.

Kandungan niacinamide juga mendukung peran retinol dalam mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam pada wajah.

Sumber : Antara

Baca juga : RUPS PLN: Pemerintah Apresiasi Capaian Kinerja Terbaik Sepanjang Sejarah

 

Tips Liburan Keluarga Hemat

Previous article

Kapan Puncak Musim Kemarau 2023? Ini Kata BMKG

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle