Lifestyle

Kepala BMKG Ajak Anak Muda Tekan Emisi Gas Rumah Kaca

0
gas rumah kaca
Dwikorita (A Mujiana)

STARJOGJA.COM, Info  –  Pemanasan global dan dampak perubahan iklim menjadi masalah yang dihadapi semua negara termasuk Indonesia. Mengantisipasi dampaknya maka Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika,  Dwikorita Karnawati mengajak generasi muda  berkontribusi menekan laju emisi gas rumah kaca.

Hal tersebut ia sampaikan saat mengisi Kuliah Perdana bagi mahasiswa program sarjana Fakultas Teknik UGM, Senin (14/8) di Grha Sabha Pramana UGM. Dwikorita memaparkan bahwa bahwa suhu permukaan bumi menunjukkan kecenderungan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Kenaikan suhu global terlihat cukup signifikan setelah revolusi industri.

“Kenaikan suhu ini melompat setelah revolusi industri, sekitar 1980-an. Sampai tahun 2022 kenaikan suhu global mencapai kurang lebih 1,2 derajat celcius dan tren untuk suhu naik terus meningkat,”jelasnya.

Dwikorita mengatakan tahun 2015 hingga 2022 menjadi delapan tahun terpanas sepanjang sejarah. Tahun 2022 menjadi tahun terpanas urutan ke-5 sepanjang sejarah sejak revolusi industri. BMKG pun memprediksi pada tahun 2100 suhu udara permukaan akan naik secara signifikan dibandingkan sebelum revolusi industri.

“Di akhir abad 21 suhu permukaan udara dapat meloncat dari 1,1 derajat celcius menjadi 3,5 derajat celcius dibandingkan sebelum revolusi industri. Ini akan terjadi di seluruh pulau besar Indonesia seperti Kalimantan, Sumatera, Jawa, Papua, dan Sulawesi jika kita tidak melakukan mitigasi laju kenaikan temperatur,”paparnya.

Dwikorita menyampaikan bahwa saat ini ada 33 stasiun pengawas atmosfer di seluruh dunia. Salah satunya yang dikelola BMKG di Bukit Kototabang, Sumatera Barat. Dari hasil monitoring diketahui ada lonjakan konsentrasi gas rumah kaca mulai tahun 1996-2023.

“Kenaikannya hampir 40 ppm itu saja di tengah hutan, lokasi yang belum tercemar. Bayangkan kalau di kota besar akan lebih tinggi lagi,”ujarnya.

Melihat kondisi itu Dwikorita mengimbau seluruh pihak untuk ikut ambil bagian dalam upaya pengendalian gas rumah kaca. Upaya tersebut penting dilakukan untuk mengurangi dampak perubahan iklim yang membawa dampak buruk bagi kehidupan. Perubahan iklim mengakibatkan banjir dengan jumlah kejadian dan intensitas yang kian meningkat, kelangkaan air di seluruh belahan dunia, kenaikan suhu, kekeringan, bahkan kerawanan pangan.

“Hampir seluruh dunia akan mengalami ini termasuk Indonesia di sekitar tahun 2050. Hal ini akan terjadi dengan asumsi jika hidup kita menggunakan energi yang mengakibatkan gas rumah kaca,”urainya.

Sumber : Antara

Baca juga : Pertanian Cerdas UGM ini Mampu Hitung Gas Emisi

Bayu

Sheraton Mustika Yogyakarta Satukan Kuliner Tradisional  di Hari Kemerdekaan Indonesia ke 78

Previous article

Jadwal Pemadaman Listrik PLN DIY, Selasa 15 Agustus 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle