Lifestyle

UGM Bagikan Pengalaman Kelola Sampah Organik 

0
mengelola sampah
tempat pembuangan sampah di Kota Jogja (Anita NA)
STARJOGJA.COM, Info  –  Sampah menjadi masalah di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. UGM melalui Fakultas Biologi UGM membagikan bagaimana pengelolaan sampah terutama sampah organik di depan puluhan masyarakat di wilayah DIY dan Jawa Tengah dalam kegiatan Tour Pengelolaan Sampah Organik yang berlangsung pada Jumat (18/8) di kampus setempat.
Kegiatan Tour Pengelolaan Sampah Organik diikuti tidak kurang dari 30 orang yang berasal dari berbagai wilayah di DIY dan Jawa Tengah yang tergabung dalam grup Sambatan Jogja (SONJO). Selain diikuti oleh warga masyarakat di sekitar kampus, kegiatan ini juga diikuti perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Sanggar Pawuhan, Komunitas Momong Bumi, PPM Aswaja Nusantara, FBS Yogya, Grup Pengelola Sampah Margodadi Dilangharjo, Dinas Pasar Kota Yogyakarta, TKI DIY, Ponpes Barokah Kalimasada Sardonoharjo, Pusat Pastoral Mahasiswa DIY, RS Sardjito, Paguyuban Bank Sampah DIY, RS Beteshda, BSMM Pogung Kidul, dan lainnya.
Dalam kesempatan tersebut peserta Tour Pengelolaan Sampah Organik diajak berkeliling kampus Biologi UGM untuk melihat berbagai proses pengelolaan sampah yang telah dilakukan sejak tahun 2017 silam. Fakultas Biologi telah menerapkan teknologi sederhana dalam mengelola sampah organik seperti vermicomposting menggunakan cacing dan BSF, pupuk cair organik (poc), eco enzim, pengomposan, serta pemakaian biofertilizer dari urine ternak.
Dekan Fakultas biologi UGM, Prof. Budi S. Daryono mengatakan bahwa Fakultas Biologi ditugaskan Rektor UGM untuk mengelola sampah organik di lingkungan UGM serta membantu menyelesaikan masalah sampah di DIY. Hingga saat ini pihaknya telah melaksanakan pelatihan pengolahan sampah organik yang diikuti oleh lebih dari 25 Rumah Sakit, 17 Pondok Pesantren dan 30 Komunitas Pengelola sampah di DIY.
“Melalui pelatihan tersebut diharapkan permasalahan sampah khususnya sampah organik dapat diselesaikan bersama dengan memanfaatkan beberapa metode dan teknologi pengolahan sampah organik yang ditemukan oleh Fakultas Biologi UGM,” tuturnya saat ditemui usai membuka kegiatan, Jumat (18/8).
Budi mengungkapkan Fakultas Biologi UGM berhasil menemukan Probiotik BIO-2023 untuk mempercepat proses fermentasi dan pengolahan sampah organik menjadi media tanam, kompos, dan pupuk organik cair.
Salah satu mahasiswa S1 Program IUP  Fakultas Biologi UGM yaitu Rania Naura juga telah menemukan formulasi pembuatan Eco Lindi yang telah dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada sampah oleh Pemkab Sidoarjo sejak tahun 2021 sampai sekarang. Saat ini Eco Lindi juga telah dimanfaatkan oleh Pemkab Sleman.
Dosen Fakultas Biologi UGM, Soenarwan Hery Poerwanto, S.Si., M.Kes., memapakan salah satu cara pengolahan sampah organik menjadi pupuk dengan penambahan biofertilizer. Dengan penambahan biofertilizer ini mampu mempercepat proses degradasi sampah berjalan lebih singkat dibanding dengan cara konvensional.
Apabila dengan cara biasa degradasi memakan waktu sekitar dua minggu atau lebih, tetapi dengan metode penambahan biofertilizer proses degradasi sampah dapat berlangsung dalam waktu satu minggu saja.
Salah satu peserta tour, Lia (46) asal Magelang mengatakan sejak tiga tahun terakhir ia mulai melakukan pengelolaan sampah secara mandiri di rumah dengan melakukan pemilahan sampah anorganik dan organik. Dalam mengolah sampah organik, ia menggunakan metode ember tumpuk dengan penambahan eco enzim.
Dengan keikutsertaannya pada kegiatan ini ia berharap bisa mendapat tambahan wawasan terkait upaya pengolahan sampah yang nantinya bisa diterapkannya di rumah dan masyarakat sekitar.
Hal senada turut disampaikan Berna (53) warga Rt 12 Pogung Baru, Sleman. Ia mengaku tertarik untuk mengimplementasikan pengolahan sampah dengan penambahan biofertilizer.
“Saya takjub mendengar penjelasan tentang metode pengolahan sampah menggunakan penambahan biofertilizer yang bisa hanya 1 minggu mendegradasi sampah. Kedepan sangat tertarik memakai metode ini,”ucapnya.
Bayu

PDIP Umumkan Sanksi Budiman Sudjatmiko Senin 

Previous article

Jangan Minum Obat Ini Bersama Kopi!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle