Lifestyle

Tips Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Tetap Sehat

0
Tips Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Tetap Sehat

STARJOGJA.COM, Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah sekelompok sel yang berguna untuk menjaga tubuh dari paparan virus dan penyebab penyakit.

Peran sistem kekebalan tubuh dalam tubuh tidak bisa diremehkan. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, tubuh akan lebih rentan terkenal penyakit maupun infeksi.

Berikut adalah beberapa pola hidup sehat yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imun tubuh.

Tidur

Baik kualitas maupun kuantitas tidur dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat meningkatkan antibodi yang diperlukan tubuh.

Cukupi kebutuhan vitamin D

Kadar vitamin D yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko infeksi dan gangguan autoimun. Memeriksa kadar vitamin D dalam darah dan menambahkannya jika perlu dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Hindari stres

Stres kronis dapat meningkatkan peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh. Menghindari atau mengatasi stres dengan melakukan meditasi, latihan pernapasan, dan teknik lainnya dapat memperkuat respons kekebalan tubuh.

Hindari merokok dan mengonsumsi alkohol

Merokok dan mengonsumsi alkohol adalah faktor merugikan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Olahraga dan menjaga berat badan ideal

Mengonsumsi makanan yang seimbang dan mengikuti gaya hidup sehat dapat membantu mencapai berat badan ideal yang diperlukan tubuh untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh tetap berfungsi.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM

Picu Penyakit Jantung  Hingga Hipertensi, Ini Bahaya Stress

Previous article

Menjaga Higenisanitasi Kunci Utama Keamanan Pangan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle