Flash InfoHealthNews

Bahaya Minuman Bersoda: Penyakit Diabetes Tipe-2 dan Ancaman Kehidupan

0
bahaya minuman bersoda

STARJOGJA.COM, INFO – Penggemar minuman bersoda ada baiknya untuk menguranginya , karena dibalik segarnya ada bahaya minuman bersoda. Minuman bersoda telah menjadi bagian dari gaya hidup modern, tetapi konsumsi berlebihan dapat memiliki dampak serius pada kesehatan.

Sebuah video yang viral di TikTok baru-baru ini menggambarkan penderitaan seorang pria muda yang harus diamputasi kaki kirinya akibat diabetes, yang dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan.

Akun TikTok @kedidi_kakipalsu membagikan video tragis tersebut, mengungkapkan bahwa pria berusia 21 tahun asal Malaysia ini telah menjadi korban dari kebiasaan minum minuman bersoda yang berlebihan. Minuman bersoda terkenal karena mengandung gula tambahan dalam jumlah besar, sehingga konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penumpukan gula dalam aliran darah, yang pada akhirnya meningkatkan risiko diabetes tipe-2.

Penelitian dari Harvard University telah menunjukkan bahwa individu yang rutin meminum minuman manis memiliki risiko lebih tinggi untuk meninggal lebih awal dan terkena penyakit jantung. Bahkan, orang yang mengonsumsi minuman manis setiap hari, hingga 2 kaleng atau lebih, memiliki risiko 26 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe-2 dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsinya.

Terlalu banyak minuman manis dapat menyebabkan tubuh menyimpan kelebihan energi dalam bentuk lemak. Kelebihan berat badan dan obesitas sendiri merupakan faktor risiko utama untuk diabetes tipe-2 dan sejumlah kondisi kesehatan lainnya.

Susan Swithers, seorang peneliti di Universitas Purdue, menyatakan temuannya menunjukkan perlunya kehati-hatian dalam penggunaan pemanis makanan secara keseluruhan, terlepas dari apakah pemanis tersebut memberikan energi secara langsung atau tidak.

Untuk menjaga kesehatan, disarankan untuk mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi minuman bersoda karena ada sejumlah bahaya minuman bersoda. Air tetap menjadi pilihan terbaik untuk hidrasi.

Namun, jika ingin menikmati minuman berperisa, lebih baik memilih alternatif sehat seperti teh atau jus. Kesehatan lebih berharga daripada kenikmatan sesaat dari minuman bersoda yang mengandung risiko yang serius.

Penulis : Destia H

Tips Merawat Sneaker Agar Kets Favorit Selalu Awet

Previous article

Film “Kejarlah Janji” Jadi Cara Memaknai Pemilu Sebagai Peristiwa Budaya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info