EsaiNews

Kolom Opini : Mengutuk Aksi KST Papua Serang Aparat Keamanan dan Tembak Warga Sipil

0
Aksi KST Papua Serang Aparat Keamanan

STARJOGJA.COM,  Masyarakat mengutuk keras seluruh aksi keji yang dilancarkan oleh Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua karena dengan membunuh aparat keamanan dan melakukan penembakan kepada warga sipil. Maka dari itu penindakan tegas patut dilakukan.

Gangguan keamanan yang terjadi di Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan ternyata kembali terus terjadi. Setelah pada hari Senin tanggal 18 September 2023 siang lalu terjadi penembakan oleh KST Papua terhadap personel gabungan yang sedang melakukan patroli di Distrik Serambakon, pada sore harinya justru mereka kembali beraksi dan terjadi di Kampung Okpol, Distrik Oksibil.

Kepala Satgas Hubungan Masyarakat (Humas) Ops Damai Cartenz 2023, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Bayu Suseno mengungkapkan bahwa gerombolan separatis itu kembali berulah dengan menembak sebanyak 2 (dua) orang warga Papua.

Akibat dari adanya penembakan itu, Regina Bitdana berusia 50 tahun mengalami luka tembak di atas pergelangan kaki sebelah kiri, kemudian Jonas Kalakmabin berusia 35 tahun tertembak pada mata kaki sebelah kiri. Kedua korban saat ini sudah berada di Rumah Sakit Umum (RSU) Oksibil untuk menjalani perawatan medis.

Sebelum kejadian penembakan warga sipil itu, satu anggota dari Brigade Mobile (Brimob) Sulawesi Utara gugur setelah dirinya tertembak di Distrik Serambakon saat para personel gabungan melakukan patroli di sana. Kejadian kontak tembak antara Satgas Tindak Ops Damai Cartenz 2023 dengan KST di Kampung Yapimakot itu sekitar jam 11:00 WIT sehingga mengakibatkan satu anggota gugur atas nama Briptu Agung.

Baca juga : 14 Tahun Star FM : Terimakasih Para Mitra

 

Saat ini, seluruh tim gabungan dari TNI dan Polri tengah melakukan pengejaran kepada para pelaku penembakan itu. Pihak aparat keamanan pun sangat optimis bahwa mereka pasti akan berhasil meringkus para pelaku dan mampu memproses para pelaku sesuai dengan aturan hukum di Indonesia.

Memang aparat keamanan sendiri terus berupaya untuk menjaga seluruh wilayah di Papua dari ancaman KST agar bisa kembali menjadi kondusif dan aman. Beberapa hal juga dilakukan, termasuk melakukan pendekatan yang tegas dan terukur. Sebagai salah satu contohnua adalah penindakan tegas aparat keamanan yang dilakukan kepada KST Papua di Yahukimo.

Sebanyak 5 (lima) orang anggota Kelompok Separatis dan Teroris (KST) di Papua dilaporkan tewas sebagai akibat dari adanya baku tembak dengan pihak Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Marinis 7 di Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. Kelompok tersebut ternyata merupakan anggota dari Yotam Bugiangge.

Sebagai informasi, Yotam sendiri merupakan mantan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang membelot dan kini menjadi gerombolan separatis di Bumi Cenderawasih, kemudian akan kejaidan tersebut, Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi GN. Suriastawa mengatakan bahwa kepastian kabar tewasnya anggota KST itu didapatkan dengan mencocokkan berbaga data yang dimiliki oleh pihak aparat gabungan, dan yang tewas dalam baku tembak itu bukanlah dari masyarakat sipil, melainkan anggota KST Papua.

Penulis : Patricia Oktavia Sikoway, Mahasiswa Papua Tinggal di Yogyakarta

Sumber : Antara

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Musim Kemarau, Warga Diminta Tidak Menimbun Air Bersih

Previous article

Rekening Diduga Berafiliasi Judi Online, Menkominfo Minta OJK Blokir

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Esai