Lifestyle

Ingin Kenyang Lebih Lama? Pilih Makanan Ini

0
menyimpan sayuran

STARJOGJA.COM, Rasa lapar adalah cara tubuh memberi sinyal kepada kita bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan. Namun, makanan yang paling baik untuk memuaskan rasa lapar adalah makanan yang padat nutrisi.

Selain itu, makanan yang mengandung protein, serat, dan lemak sehat seperti asam omega 3 juga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Melansir beberapa sumber, berikut adalah beberapa makanan yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan rendah kalori dan merupakan sumber serat larut yang baik, yang memiliki kemampuan untuk menyerap air, sehingga membantu tubuh merasa lebih kenyang.

Oatmeal juga dapat membantu melepaskan hormon kenyang dan menunda pengosongan lambung. Cobalah untuk memilih jenis oatmeal yang tawar dan tanpa rasa untuk menghindari gula tambahan yang berlebihan.

Anda dapat menambahkan buah atau kacang-kacangan untuk membuatnya lebih mengenyangkan dan meningkatkan kandungan nutrisinya.

Ikan

Ikan adalah sumber protein yang ringan, sehat, dan mengenyangkan. American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan per minggu, terutama ikan berlemak tinggi.

Tidak hanya memberi asupan protein nabati untuk tubuh, ikan juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Lemak sehat ini sangat baik untuk perlindungan jantung dan menurunkan peradangan dalam tubuh.

Ikan dengan kandungan omega-3 tertinggi adalah salmon, makarel, herring, trout danau, sarden, dan tuna albacore.

Kacang

Kacang-kacangan merupakan sumber protein, serat, dan lemak sehat. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa kacang-kacangan meningkatkan rasa kenyang pada orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas sambil mempertahankan kadar glukosa darah dan insulin yang stabil.

Kacang-kacangan juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Cobalah untuk memilih kacang-kacangan tawar dan tanpa pemanis untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi. Buah ini mengandung lemak sehat untuk jantung, dan sumber serat yang baik (3 gram per 1/3 buah alpukat, yang merupakan ukuran porsi yang disarankan).

Dengan lemak sehat yang dimilikinya, alpukat dapat membuat tubuh merasakan kenyang lebih lama.

Baca juga : 14 Tahun Star FM : Terimakasih Para Mitra

Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan serat, sehingga jika dikonsumsi dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Greek Yogurt

Dibandingkan dengan yogurt biasa, Greek yogurt mengandung protein yang lebih tinggi sehingga dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Namun, penting untuk memilih yogurt yang rendah gula tambahan.

Menambahkan buah seperti persik atau stroberi akan memberikan rasa manis yang diperlukan, dengan manfaat tambahan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Topping seperti granola rendah gula atau kacang-kacangan juga dapat memberikan tambahan serat, serta meningkatkan rasa kenyang.

Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi yang dapat menjadi makanan yang mengenyangkan, serta mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan karotenoid (yang membantu melindungi kesehatan mata).

Cobalah menambahkan sayuran ke dalam telur dadar yang lezat (seperti bayam, jamur, dan brokoli) untuk membantu meningkatkan rasa kenyang dan asupan sayuran harian secara keseluruhan.

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

SEVENTEEN Raih Daesang “The Fact Music Awards 2023”

Previous article

Kesalahan Umum Mengkonsumsi Obat-obatan Herbal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle