News

Sikap PP Muhammadiyah Soal Konflik Israel dan Palestina

0
Indonesia Palestina
A Palestinian protester moves a burning tire during clashes with Israeli troops near the Jewish settlement of Beit El, in the Israeli-occupied West Bank. REUTERS/Mohamad Torokman
STARJOGJA.COM, Info –  Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti  menyatakan sikap terkait konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina dalam beberapa hari terakhir ini.

“Satu, kami sangat prihatin dengan perang Israel-Palestina dan menyampaikan duka cita yang mendalam atas ribuan masyarakat sipil yang meninggal dunia dan luka-luka,” katanya di Jakarta, Rabu.

Mu’ti  mengatakan pihaknya mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk segera mengambil langkah-langkah politik dan diplomatik dengan melibatkan pihak-pihak terkait, khususnya Israel-Palestina untuk menghentikan perang, melakukan gencatan senjata, dan melakukan perundingan damai.

Ketiga, PP Muhammadiyah menyerukan agar Israel tidak memanfaatkan perang untuk terus melakukan aneksasi dan agresi terhadap wilayah dan Bangsa Palestina, demi tegaknya perdamaian di kawasan yang penuh gejolak ini. Semua pihak diminta ikut serta menyelesaikan akar masalah dan menaati serta mengimplementasikan Resolusi Dewan Keamanan PBB sebagai solusi konflik Israel-Palestina.

“Empat, kami meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk lebih proaktif dan memperkuat langkah maju yang telah dilakukan selama ini dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina melalui Perserikatan Bangsa-bangsa, Organisasi Kerjasama Islam, dan jalur-jalur lainnya,” ujarnya.

Kelima,  Mu’ti  mengatakan  PP Muhammadiyah mengimbau kepada semua pihak di Tanah Air untuk menyikapi perang Israel-Palestina dengan rasional dan arif, serta tidak terprovokasi oleh berbagai informasi provokatif, hoaks, dan menyesatkan yang disampaikan oleh pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan perang Israel-Palestina untuk kepentingan politik tertentu yang berpotensi menimbulkan masalah di dalam negeri.

Keenam, PP Muhammadiyah menyerukan kepada umat Islam untuk memanjatkan doa dan shalat gaib bagi kaum Muslimin yang menjadi korban perang, serta memohon kepada Allah agar perang segera berakhir dan masyarakat dunia hidup dengan damai dan sejahtera.

“Tujuh, Muhammadiyah senantiasa mendukung perjuangan Palestina serta bersiap mengirimkan bantuan dan relawan kemanusiaan, aktif berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang dapat dipercaya untuk membantu masyarakat sipil yang menjadi korban perang, terutama anak-anak dan perempuan,” tutur  Mu’ti.

Sebelumnya, pernyataan senada dilontarkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang mendesak agar perang antara Israel dan Palestina segera dihentikan, untuk menghindari semakin bertambahnya korban dan hancurnya harta benda.

“Karena eskalasi konflik dapat menimbulkan dampak kemanusiaan yang lebih besar,” kata Presiden Jokowi, Selasa (10/10).

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan dirinya telah meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta kementerian/lembaga terkait untuk segera mengambil tindakan cepat untuk melindungi WNI di wilayah konflik.

“Akar konflik tersebut yaitu pendudukan wilayah Palestina oleh Israel, harus segera diselesaikan sesuai parameter yang sudah disepakati PBB,” kata Presiden Jokowi.*


Sumber : Antara
Bayu

Daun Asam Jawa Digunakan Sebagai Balsam Penyembuh Luka

Previous article

Pengamat Transportasi : Kawasan Perumahan Harus Memiliki Akses Layanan Transportasi Umum

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News