Lifestyle

Bisa Hambat Kesuburan, Waspadai Jenis Makanan Ini

0
Habis Makan Masih Lapar

STARJOGJA.COM, Makanan memang baik untuk tubuh karena memberikan nutrisi, tetapi ada beberapa makanan yang justru dapat mempengaruhi tubuh seperti tingkat kesuburan.

Nutrisi memainkan peran utama dalam setiap aspek kesehatan sehingga hal ini dapat mempengaruhi kesuburan. Berdasarkan tinjauan dari Frontiers in Endocrinology menemukan bahwa pola makan tinggi lemak berdampak negatif terhadap kesuburan dan reproduksi pria.

Kesuburan bisa juga menurun seiring bertambahnya usia baik pada pria maupun wanita, tetapi dampak usia jauh lebih besar pada wanita.

Kesuburan ini akan semakin diperparah dengan pola makan yang tidak sehat. Selain itu, beberapa makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa mempengaruhi kesuburan pada pria dan wanita.

Dilansir dari berbagai sumber, ini makan yang dapat menghambat kesuburan pada pria dan wanita:

Minuman Manis

Minuman manis merupakan minuman yang dimaniskan dengan gula tinggi dan rendah nutrisi. Pria dan wanita yang mengonsumsi satu atau lebih minuman ringan, soda, atau minuman energi setiap hari terbukti memiliki kesuburan yang lebih rendah.

Minuman ini telah dikaitkan dengan penurunan rata-rata peluang pembuahan bulanan pada  jenis kelamin pria maupun wanita.

Makanan dan Minuman Berkafein

Kafein telah terbukti mengganggu produksi estrogen dan hormon lain yang diperlukan untuk pembuahan. Hal ini dapat berdampak pada ovulasi, masa subur wanita, dan komponen siklus menstruasi lainnya.

Wanita yang sedang berusaha untuk hamil harus membatasi asupan kafeinnya hingga kurang dari 200mg (2 cangkir kopi/3 cangkir teh) setiap hari sebagai tindakan pencegahan. Batasi asupan cola, minuman berenergi tinggi, dan coklat, karena semuanya mengandung kafein.

Alcohol

Meskipun kita semua tahu bahwa minum alkohol tidak baik saat hamil, mengonsumsi alkohol secara berlebihan sebelum hamil juga dapat menurunkan kesuburan wanita dan pria serta peluang terjadinya pembuahan. Alkohol dapat meningkatkan risiko keguguran pada bayi dan terkait dengan berbagai masalah kesuburan.

Minum alkohol dalam jumlah banyak pada pria dapat mengakibatkan penurunan hasrat seksual, impotensi, dan kinerja seksual yang buruk, serta penurunan kualitas sperma.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum tujuh atau lebih minuman beralkohol per minggu lebih mungkin mengalami masalah kesuburan. Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman diatas sangat berpengaruh pada kesuburan dan kesuksesan dalam memiliki anak.

Baca juga : 14 Tahun Star FM : Terimakasih Para Mitra

Makanan yang Mengandung Lemak

Jenuh Lemak jenuh biasanya terdapat pada makanan hewani seperti kulit ayam, lemak pada daging, daging olahan (bacon, sosis), mentega, cake & pastri, coklat, serta minyak kelapa & sawit.

Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan menyebabkan peradangan pada tubuh sehingga menurunkan kesuburan. Baca Juga Ini Buah yang Mengandung Asam Folat, Manfaatnya Bagi Jantung Hingga Kesuburan

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Protein

Menurut sebuah penelitian, mengganti 25 gram protein hewani (sekitar setengah dada ayam matang) dengan protein nabati dalam jumlah yang sama akan meningkatkan kesuburan sebesar 50%! Ini tidak berarti kamu harus menjadi seorang vegan atau vegetarian.

Caranya cukup dengan membatasi konsumsi protein hewani dan memperbanyak asupan sumber protein nabati seperti polong-polongan (lentil, buncis, kacang polong, polong-polongan), tahu & tempe, kacang-kacangan & biji-bijian

Sumber :  Bisnis.com

Baca juga : The Gorgeous 14th StarFM 101.3FM 

Sleman Membuka Peluang Pertanian Organik Berbasis Kawasan

Previous article

Yuk “Sadari”, Semua Pria dan Wanita Memiliki Risiko Kanker Payudara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle