Flash InfoLifestyleNewsTechno

YouTube Hadirkan Tool AI Suara Artis Untuk Konten Video

0
YouTube e-commerce

STARJOGJA.COM.TECHNOLOGY. YouTube telah hadirkan  tool baru berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten video dengan menggunakan suara orang-orang terkenal atau artis dunia.

Billboard melaporkan bahwa saat ini perusahaan tersebut sedang melakukan pembicaraan dengan beberapa label rekaman untuk menegosiasikan izin penggunaan kekayaan intelektual artis.

Bila proses tersebut menuai hasil positif, maka versi beta dari tool AI memungkinkan sejumlah kelompok pembuat konten terpilih untuk menggunakan suara seniman atau artis yang setuju untuk berpartisipasi dalam proyek tersebut, mengutip laporan NME, Minggu (22/10/2023).

Meski begitu pembicaraan antara pihak YouTube dan label rekaman untuk pemakaian AI suara artis tampaknya memakan waktu lebih lama dari perkiraan. Padahal YouTube bermaksud untuk memperkenalkan tool tersebut pada acara Made on YouTube pada bulan September kemarin. Tetapi, hal itu urung terjadi.

Dikutip dari Antara pada Senin (23/10/2023), pihak Universal Music Group (UMG), Sony Music Entertainment, dan Warner Music Group adalah beberapa label besar yang tengah menjajaki proyek kerja sama penggunaan suara musisi dengan youtube. Peluncuran tool AI yang bisa diakses secara lebih luas oleh pengguna diperkirakan akan membutuhkan serangkaian perjanjian hukum baru.

CEO UMG CEO Lucian Grainge mengatakan bahwa kemungkinan hadirnya teknologi baru tersebut dapat memperkuat imajinasi manusia dan memperkaya kreativitas musik dengan cara-cara baru yang luar biasa. Sedangkan CEO Warner Music Group Robert Kyncl berpendapat bahwa semua pihak harus merangkul teknologi karena teknologi tidak bisa diabaikan begitu saja.

Mencermati perkembangan ini diperkirakan banyak artis besar menolak penggunaan suara mereka dan Billboard melaporkan bahwa masih ada pertanyaan besar mengenai bagaimana artis akan dibayar untuk konten baru yang dihasilkan dari tool AI tersebut.

Penulis: Kristina Harefa

Pentingnya Pasien DBD untuk Minum Air Mengandung Gula dan Elektrolit

Previous article

Studi Kemandirian Ibu Tunggal dengan Anak ABK

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info