Pendidikan

25 Kelompok Karawitan DIY Tampil di Festival Karawitan Fakultas Filsafat UGM

0
festival karawitan UGM
festival karawitan sleman (antara)

STARJOGJA.COM, Info – Festival karawitan pada Rabu (25/10) digelar Fakultas Filsafat UGM  menjadi salah satu rangkaian kegiatan dari peringatan puncak dies natalis Fakultas Filsafat UGM ke-56.

Ketua Panitia Festival Karawitan UGM, Dr. Satrini mengatakan festival ini diikuti oleh 25 kelompok karawitan di DIY. Selain dari kelompok karawitan internal UGM, festival ini juga diikuti sejumlah kelompok karawitan dari luar UGM seperti UNY, Kejaksaan Tinggi DIY, dan kelompok karawitan dari Pedukuhan Blotan,  Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.

“Festival ini diadakan untuk melestarikan budaya Jawa dan mewadahi serta mengapresiasi kelompok-kelompok gamelan untuk tampil,” terangnya, Rabu (25/10).

Festival karawitan berlangsung selama satu hari penuh dari pagi hingga malam hari. Selain festival karawitan, dalam kesempatan itu turut diselenggarakan pameran batik dan makanan tradisional.

Sementara Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian, Kerjasama & Alumni Fakultas Filsafat UGM, Dr. Iva Ariani menyampaikan bahwa festival karawitan merupakan kegiatan yang rutin digelar Fakultas Filsafat UGM setiap tahunnya. Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat yang ditunjukkan dengan semakin tingginya animo kelompok karawitan di Yogyakarta untuk mengikuti kegiatan ini.

“Fakultas Filsafat tahun ini bisa menggelar kembali festival karawitan dengan acara yang lebih besar dan diikuti lebih banyak peserta serta dimeriahkan dengan pameran batik dan bazar kuliner nusantara,”tuturnya.

Lebih lanjut Iva mengatakan bahwa budaya di Indonesia menjadi pilar bagi pengembangan dan pendidikan budi pekerti dan memantapkan nilai-nilai kearifan lokal. Pengaruh teknologi dan arus globalisasi yang begitu kuat semakin mengikis nilai kearifan lokal masyarakat.

Hal tersebut mendorong Fakultas Filsafat UGM yang memiliki visi mengembangkan filsafat nusantara untuk menghangatkan kembali dan melestarikan budaya Indonesia salah satunya gamelan, batik, dan lainnya.

“Beragam kegiatan dalam rangkaian dies natalis ini kita selenggarakan dalam upaya menguatkan nilai budaya dan kultural,” ucapnya.

Sumber : Humas UGM

Baca juga : Gratis, Lihat Festival Karawitan Tingkat Kabupaten Sleman di Gedung Kesenian Sleman

Bayu

Mahasiswa UNY Temukan Kunci Daun Kopi Bisa Kendalikan Pembusukan Akar Cabai 

Previous article

THE BOYZ Siap “Comeback” November Tahun Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan